Mensesneg akan mengkaji ulang ketentuan terkait pencalonan Eric Tohir sebagai Ketua Umum PSSI.

JAKARTA (JurnalPagi) – Menteri Luar Negeri (Manseng) Pratikeno mengaku akan mengkaji regulasi yang diperlukan apakah menteri BUMN perlu mundur dari jabatannya setelah resmi terdaftar sebagai calon ketua umum PSSI.

“Belum tahu, kami belum tahu. Nanti kita lihat aturannya,” kata Pratikeno kepada awak media di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin.

Jika melihat regulasi yang berlaku saat ini, Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional (SKN) tidak melarang merangkap jabatan untuk ketua umum federasi olahraga.

Larangan itu hanya berlaku bagi ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan organisasi turunannya.

Eric Tohir Daftar Kandidat Presiden PSSI yang Mungkin untuk Meningkatkan Sepak Bola

Selain itu, diketahui sejumlah menteri kabinet Indonesia saat ini juga diketahui sebagai presiden Federasi Olahraga Nasional.

Misalnya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang menjadi Ketua Umum Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI), dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono yang menjabat sebagai Ketua Umum Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI). Indonesia. Persatuan Gitball (PB Pergasi).

Sebelumnya pada Minggu (15/1), Eric mengembalikan berkas pendaftaran calon Ketum PSSI ke kantor Federasi Sepak Bola Indonesia di Gelora Bung Karno, Jakarta.

Kedatangan Eric didampingi sejumlah wajah muda yang berkiprah di industri sepak bola Indonesia, seperti Kaesang Pangarp, Rafi Ahmad, Atta Halilintar, dan Baim Wong.

Dukungan Eric Tohir, Atta Halilintar: Sepak Bola Butuh Pemimpin Bersih

Dalam kesempatan terpisah, Sekretaris Kabinet Pramanu Anong menilai Eric meminta izin kepada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) sebelum memperkenalkan dirinya sebagai calon Ketum PSSI.

“Pak Eric mencalonkan diri, harus ada izin presiden, tidak mungkin Pak Eric mencalonkan diri tanpa izin presiden. Ya (Presiden) mengizinkan Pak Eric Tohir mencalonkan diri, itu jelas. ” kata Pramanu.

Di sisi lain, pertanyaannya adalah apakah Eric harus mundur sebagai Menteri BUMN, karena pencalonannya sebagai ketua PSSI dibarengi dengan tanda-tanda perombakan kabinet. Membentuk kembali yang terus berhembus dalam beberapa pekan terakhir.

Disinggung soal rumor Presiden Jokowi akan membuat pengumuman, Menlu membantahnya. Membentuk kembali Kabinet Majo Indonesia pada 1 Februari, sambil mengatakan, “Tidak ada cerita Membentuk kembali. Tidak ada cerita.”

Bahkan Pratikeno mengatakan, dalam kesempatan rapat umum kabinet pertama tahun 2023 yang digelar hari ini, Senin, Presiden memberikan sejumlah penilaian atas kinerja kabinet Indonesia yang baik selama tahun 2022.

“Kinerjanya bagus, penilaian untuk tahun 2022 juga sangat bagus, banyak yang disampaikan presiden. Banyak capaian positif yang dicapai di masa-masa yang sangat sulit ini,” kata Pratikeno.

Menteri Kabinet: Presiden mengizinkan Eric Tohir dicalonkan sebagai calon Ketum PSSI.

Pengkhotbah: Gilang Galliarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *