jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juli 24, 2024

Jakarta (JurnalPagi) – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zinuddin Amali memimpin rapat koordinasi antar kementerian dan lembaga dalam rangka persiapan Indonesia menjadi tuan rumah FIFA U-20 World Cup 2023.

Pertemuan tersebut digelar secara virtual dari kantor Kampora Senayan Jakarta pada Selasa, dengan diikuti sedikitnya 20 kementerian dan lembaga terkait.

Presiden Indonesia Joko Widodo telah mengeluarkan Instruksi Presiden Nomor 12 Tahun 2022 tentang Mendukung Penyelenggaraan Piala Dunia FIFA U20. Bersamaan dengan itu, ada Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2022 tentang Panitia Nasional, tentang Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA U-20 pada Mei hingga Juni 2023.

Sebelumnya, Indonesia pernah mengajukan tawaran untuk menjadi tuan rumah FIFA U-20 World Cup dan menang pada 2019. Piala Dunia sedianya dijadwalkan digelar pada 2021, namun karena pandemi Covid-19, FIFA menundanya menjadi 2023 dan Indonesia menundanya. Tuan rumah tetap tinggal.

Kami siap secara infrastruktur pada tahun 2021. Namun karena penundaan, sudah diperbolehkan menggunakan infrastruktur yang ada untuk daerah dan klub. Karena waktunya sudah dekat, tentunya bapak ibu harus bisa menjalankan tugasnya dengan baik. Menpura Emali mengatakan, Selasa, mengutip dari situs resmi Kementerian Olahraga dan Pemuda: “Kami mencapai instruksi presiden yang ada.”

FIFA terkesan dengan persiapan Indonesia menuju Piala Dunia U-20 2023.

“Dalam keputusan presiden, kami yang tergabung dalam INAFOC bertanggung jawab untuk menyelenggarakan support yang diketuai langsung oleh Manpora dan anggotanya dari kementerian lembaga, pemerintah provinsi, pemerintah daerah. organisasi Panitia berikutnya.

Dalam keputusan presiden tersebut, penanggung jawab infrastruktur adalah Kementerian PUPR dan untuk Local Organizing Committee (LOC) ketua PSSI, yang juga bertanggung jawab atas prestasi timnas Indonesia.

Manpura Amali mengumumkan alasan memilih Indonesia sebagai tuan rumah karena adanya surat langsung dari Presiden Indonesia kepada Presiden FIFA karena keinginannya disertai jaminan pemerintah yang ditandatangani beberapa menteri.

“Karena saat itu FIFA meminta komitmen tidak hanya di level kepala pemerintahan tapi juga dari menteri, gubernur, dan wakil rektor terkait,” kata Manpura yang juga Ketua Panitia Penyelenggara Piala Dunia U-20 Indonesia. (INAFOC). .

PSSI: Piala Dunia U-20 2023 Dimulai 11 Juni di Harkitnas Nasional.

“Nanti kalau kepanitiaan sudah lengkap, kita akan bicara bagian per bagian. Di enam wilayah tuan rumah, yakni Jakarta yang akan digelar di SUGBK dan empat tempat latihan (Lapangan ABC dan Stadion Madya).”

Selain Jakarta, ada beberapa stadion di antaranya Stadion Si Jalak Haropat di Jawa Barat beserta tempat latihannya.

Lokasi lainnya di Jawa Tengah menggunakan Stadion Tunggal Manahan dan empat tempat latihan lainnya, Jawa Timur di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya dan beberapa tempat latihan.

Sumatera Selatan di Jakabaring dan beberapa lapangan pelatihan. Bali di Stadion Kapten I Wayan Dipta dan beberapa tempat latihan lainnya.

Ia melanjutkan: Selain kegiatan yang dilakukan oleh Kemenpora, anggarannya sudah diberikan kepada Kemenpora, dan kami berharap setelah rakor ini, tugas masing-masing dan apa yang harus dikoordinasikan dan dilakukan. ditentukan. Manpura Amali

Dia menambahkan: “Setiap kementerian dan organisasi diminta untuk mengirim perwakilan untuk bergabung dengan komite mereka untuk memfasilitasi koordinasi. Karena semua pekerjaan ini diarahkan langsung oleh FIFA, semua pekerjaan terkait dengan peraturan FIFA.”

100.000 Ikut Pendaftaran Relawan Piala Dunia U20 2023.
PSSI: Timnas U-20 Bakal Main Piala Asia – Piala Dunia TC Januari 2023.

Koresponden: Arindra Mayodia