Menkominfo: Rancangan Perpres “Hak Penerbit” akan segera disetujui

Jakarta (JurnalPagi) – Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Ari Setiadi mengumumkan rancangan peraturan presiden tentang hak penerbit akan disetujui dalam waktu dekat.

Berbicara pada perayaan HUT Persatuan Wartawan Indonesia ke-78, beliau mengatakan: “Dalam waktu dekat, dengan izin Tuhan Yang Maha Esa dan tentunya dengan kebijakan presiden, kita akan menyambut hari baik yang akan segera datang.” PWI) di gedung dewan. Pers, Jakarta, Jumat.

Pemerintah dan pemangku kepentingan telah membahas aturan kerja sama antara perusahaan pers dan platform digital. Peraturan tersebut merupakan upaya bersama untuk mewujudkan keberlanjutan media dan jurnalisme berkualitas.

Persyaratan Regulasi Platform Digital Jangan Kurangi Sisi Positifnya

Bodi Ari mengapresiasi konsistensi komunitas pers Tanah Air dalam memantau proses pengesahan aturan tersebut. Menurutnya, proses diskusi dan pertukaran pendapat berjalan baik untuk menemukan titik temu mengenai perbedaan yang ada.

“Saya mengapresiasi ketabahan seluruh rekan-rekan dalam mengawal proses yang sangat panjang ini. Hal ini sudah kita bahas dan pemerintah sepakat peraturan ini harus disahkan secepatnya,” ujarnya.

Menkominfo menekankan, diperlukan dukungan semua pihak untuk mencapai keberlanjutan media dan jurnalisme berkualitas. Melalui rancangan Perper ini diharapkan ada payung hukum yang menjadi acuan bersama.

Pihaknya ingin memastikan kerja sama antara perusahaan pers dan platform digital dapat terwujud dan memberikan manfaat yang optimal dengan memastikan adanya payung hukum.

Dirjen Organisasi Internasional Revolusi Islam Anggap Naskah Perpres tentang “Hak Penerbit” sudah final.

Menurut Budi Ari, pemerintah juga sedang menyiapkan langkah-langkah mitigasi agar setelah peraturan tersebut disahkan, semua pihak bisa melaksanakannya dengan baik.

“Kami sangat optimis dan pemerintah berkomitmen untuk memastikan pengurangan dan solusi ini benar-benar bisa berjalan,” ujarnya.

Dalam upacara ini, Bodi Ari didampingi Osman Kansong, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Turut hadir Ketua PWI Hendry CH Bangun, Ketua Dewan Kehormatan PWI Elham Bintang, Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu, Kepala Badan Penerangan Masyarakat (Karo Panmas) Humas Polri, Kompol Paul Ternoiodo. Visnu Endiko, dan Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Pusat PWI Thimbo P. Siahan.

Jokowi Sebut Perpres Hak Penerbit Rumit Tapi Hampir Selesai

Koresponden: Fetor Rochman
Redaktur : Siti Zulikha
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *