Menkominfo mengapresiasi kolaborasi untuk menciptakan ekosistem digital yang inklusif

Jakarta (JurnalPagi) – Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Ari Satyadi mendorong kerja sama dan dukungan semua pihak untuk menciptakan ekosistem digital yang inklusif dan kolaboratif berbasis inovasi untuk mendukung Indonesia maju, mandiri, dan berkelanjutan.

“Perlu adanya pemahaman bersama serta langkah-langkah implementasi yang terukur dan terkoordinasi antara pemerintah, swasta, dan lembaga sosial,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Ari dalam siaran pers di Jakarta, Kamis.

Kementerian Komunikasi dan Informatika telah merilis Visi Indonesia Digital (VID) 2045 sebagai konsep, visi dan arah strategi nasional dalam mendorong terwujudnya Indonesia Digital 2045 sebagai turunan langsung dari Visi Indonesia Emas 2045. Akses ke VID 2045 selesai. Dengan prinsip pembangunan digital inklusif dimana terdapat pemerataan akses digital dan tersedianya lingkungan digital yang aman bagi seluruh lapisan masyarakat.

Kementerian Kominfo Luncurkan Rencana Jangka Panjang VID 2045 Bidang Digital

“Untuk itu diperlukan komunikasi yang luas mengenai visi, misi, arah, kebijakan dan strategi dengan seluruh pemangku kepentingan,” kata Bodi Ari, Menteri Komunikasi dan Informatika.

Menkominfo mengatakan ada empat misi utama dalam VID 2045, pertama, percepatan transformasi digital sebagai upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi, meningkatkan kualitas pelayanan publik, dan memperkuat pertahanan dan keamanan negara.

Kedua, pengembangan dan penguatan ekosistem digital nasional yang memerlukan partisipasi aktif seluruh pemangku kepentingan baik pemerintah, dunia usaha dan industri, asosiasi, akademisi, dan masyarakat sebagai penyelenggara ekosistem digital untuk mendukung penguatan ekosistem digital yang komprehensif dan berkelanjutan.

Ketiga, menciptakan regulasi yang adaptif dan adaptif yang kebijakannya disesuaikan dan kompatibel dengan berbagai perkembangan, termasuk teknologi digital.

Dan keempat, penguatan lembaga sosial, lembaga pendidikan dan keagamaan sebagai upaya luas peningkatan pemahaman digital untuk mengoptimalkan manfaat teknologi digital dan informasi yang berdampak negatif, kata Menkominfo.

Transformasi digital dukung cita-cita RI menjadi negara dengan ekonomi terkuat kelima

Kementerian Komunikasi dan Informatika juga membagi empat tahapan pencapaian sebagai langkah strategis mewujudkan VID 2045.

Fase pertama pada tahun 2025 hingga 2029 merupakan fase penguatan fondasi digital. Selain itu, fase kedua pada tahun 2030 hingga 2034 adalah fase pengembangan ekosistem digital yang kompetitif.

Fase ketiga, pada tahun 2034 hingga 2039, termasuk dalam Fase Pengembangan Inovasi Berkelanjutan. Fase ini bertujuan untuk mendorong inovasi berkelanjutan dan mencapai keunggulan teknologi dengan komitmen terhadap tujuan kelestarian lingkungan, kata Bodi Ari.

Fase keempat pada tahun 2039 hingga 2045 adalah fase kepemimpinan teknologi global yang berfokus pada upaya mencapai posisi sebagai negara maju dengan menerapkan teknologi global dan mengutamakan kelestarian lingkungan.

Menkominfo: BTS 4G akan dukung keamanan pos lintas batas pemerintah

Mencapai Visi Indonesia Emas 2045 dengan Pengembangan IKN

Menkominfo imbau satuan kerja fokus mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Koresponden: Fetor Rochman
Editor: Natisha Andarningtias
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *