Menkominfo mengajak pemerintah daerah untuk membantu mempercepat pemerataan akses internet

Kebutuhan kerjasama

Jakarta (JurnalPagi) – Kementerian Komunikasi dan Informatika mengingatkan pemerintah daerah untuk berperan dalam mempercepat pemerataan akses internet di seluruh nusantara.

“Perlu kerja sama, kerja sama dengan pemerintah daerah. Kalau tidak, fasilitas infrastruktur digitalnya di mana, masyarakatnya di mana? Tidak terhubung,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny J Platt saat berkunjung ke Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Kamis.

Menteri Jani mencontohkan program pembangunan menara Base Transceiver Station (BTS) untuk pemerataan akses internet di Indonesia. NTT adalah salah satu daerah yang sulit dijangkau.

Menurut Jani, pemerintah daerah berperan dalam pembangunan menara BTS dengan mendukung ketersediaan lahan dan penetapan tata ruang untuk mengakomodasi infrastruktur digital dan lokasi layanan yang membutuhkan akses jarak jauh.

“Begitu menara BTS dibangun di sana, rencana pembangunan dan rencana tata ruang desa, kelurahan, kecamatan didasarkan pada infrastruktur tersebut,” kata Jani.

Partisipasi pemerintah daerah dalam pembangunan BTS diperlukan untuk membangun infrastruktur di tempat-tempat yang memiliki penduduk dan aktivitas. Lokasi sangat penting karena dapat mempengaruhi kualitas pelayanan.

Jika BTS dibangun dengan radius 3 km, maka tidak optimal jika tower tersebut berada di atas gunung yang jauh dari pemukiman masyarakat dan fasilitas pelayanan publik seperti sekolah, puskesmas, kantor polisi dan militer. Posting.

Oleh karena itu, menurut Jani, kerja sama pemerintah pusat dengan pemerintah daerah menjadi penting agar pembangunan infrastruktur digital di sisi hulu dapat dimanfaatkan secara optimal.

Pemerintah sedang membangun infrastruktur telekomunikasi dari hulu ke hilir, terutama di wilayah terluar, inti, dan terbelakang (3T) yang kurang diperhatikan operator seluler karena tidak menjanjikan secara komersial.

Infrastruktur telekomunikasi dibangun agar masyarakat dapat mengakses layanan telekomunikasi seluler sehingga dapat berpartisipasi dalam percepatan transformasi digital.

Kemenkominfo mengembangkan DTS untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja baru

Kemenkominfo tingkatkan kualifikasi talenta digital di Digirs Day

Salut untuk Tim Humas G20 yang Menyampaikan Pentingnya Kerja Sama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *