jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juli 22, 2024

JAKARTA (JurnalPagi) – Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Ari Setiadi mendorong perempuan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan potensi ekonominya.

“Indonesia bahkan berpotensi meraih pendapatan sebesar US$428 juta (Rp 6,7 triliun) setiap tahunnya jika pendapatan UKM binaan perempuan dimaksimalkan,” kata Bodi Ari di Jakarta, Selasa.

Perempuan mempunyai peranan penting dalam pembangunan ekonomi masyarakat. Dari sekitar 65 juta UKM di Indonesia, 64% adalah perempuan.

Menurut Budi Ari, platform digital seperti media sosial, platform e-commerce, dan teknologi analisis data pelanggan dapat dioptimalkan untuk meningkatkan daya saing dalam kegiatan usaha perempuan UMKM.

OJK: Perempuan Lebih Banyak Penerimaan Dana Dibanding Laki-laki di UKM

Dia berkata: Pengembangan produk, branding dan pemasaran juga harus dilakukan untuk memaksimalkan upaya yang menguntungkan.

Menkominfo berharap melalui digitalisasi perekonomian, perempuan lanjut usia mempunyai berbagai peluang pengembangan diri, seperti menjadi inovator, pendidik, influencer, wirausaha bahkan pemimpin digital.

“Kemudahan akses informasi yang disediakan melalui internet harus menjadi modal bagi perempuan untuk terus berkembang dan saling memberdayakan,” ujarnya.

Menkominfo mengakui masih banyak tantangan yang dihadapi perempuan di era ekonomi digital. Mulai dari terbatasnya literasi keuangan, akses terhadap perangkat digital hingga keterampilan seperti perencanaan dan peramalan bisnis, serta minimnya akses terhadap pasar.

PPLIPI Permudah Pelaku Usaha Mikro Mikro Akses Perbankan

Oleh karena itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika melaksanakan program pengembangan ekonomi digital seperti UMKM Level Up, Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) dan Digital Entrepreneurship Academy (DEA).

“Kami juga aktif mendukung pelaksanaan gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) sebagai program positif pemerintah untuk mendorong kecintaan terhadap produk dalam negeri,” jelasnya.

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Ari Setiadi mendorong perempuan untuk kuat dan mandiri secara ekonomi demi pembangunan Indonesia.

“Jika perempuan kuat secara ekonomi, saya yakin mereka bisa membangun fondasi keluarga yang kuat dan otomatis akan menunjang generasi penerus Indonesia ke depannya,” harapnya.

Kementerian PPPA Sebut Literasi Digital Penting Bagi Perempuan di UMKM

Koresponden: Fetor Rochman
Redaktur : Siti Zulikha
Hak Cipta © JurnalPagi 2024