jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 20, 2024

Jakarta (JurnalPagi) – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Ari Setiadi meminta penyedia layanan internet satelit Starlink membuka kantor pusat pengoperasian jaringan.Pusat Operasi Jaringan/NOC) di Indonesia.

Komite Olimpiade Nasional harus berada di Indonesia agar pemerintah dapat mengontrol dan memantau penggunaan akses internet di Indonesia karena dapat digunakan untuk perjudian. on line“Pornografi, separatisme, hal-hal yang tidak pantas atau dilarang oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia,” ujarnya dalam konferensi pers online, Jumat.

Kementerian Komunikasi dan Informatika juga akan memastikan Starlink yang beroperasi di bawah nama perusahaan PT Starlink Services Indonesia menjalin kerja sama dengan penyedia layanan Internet di Indonesia dalam pengembangan teknologi, peningkatan layanan dan jaringan, serta peningkatan kapasitas sumber daya.

Bodi mengatakan Starlink berkomitmen memenuhi kewajibannya sebagai penyedia layanan internet sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam penyelenggaraan layanan internet di Indonesia.

Ia meminta jajaran Kementerian Komunikasi dan Informatika memantau dan mengevaluasi kegiatan operasional Starlink di Indonesia.

Semuanya sangat penting untuk dipastikan lapangan bermain yang setara Budi mengatakan, industri telekomunikasi di Indonesia dan tentunya layanan internet universal bagi seluruh masyarakat Indonesia.

KKP Uji Coba Layanan Starlink di Kapal Pengawasan
Layanan Internet Starlink Sedang Uji Coba di Beberapa Tempat di IKN

Starlink beroperasi di Indonesia. Pengusaha asal Amerika Elon Musk selaku pemilik Starlink membuka layanan perusahaannya pada 19 Mei 2024 di Bali.

Bodhi mengatakan Starlink telah mendapatkan hak pendaratan satelit dan lisensi radio luar angkasa dengan masa berlaku satu tahun dengan enam jenis peralatan yang disetujui, termasuk antena. Gerbang, ruter dan antena Pengguna terminaluntuk beroperasi di Indonesia.

Selain itu, Starlink telah mendapatkan sertifikat kompetensi operasional penyelenggaraan jaringan tertutup melalui VSAT dan penyelenggaraan jasa multimedia untuk layanan akses Internet, serta izin penyelenggaraan jaringan tetap tertutup untuk media VSAT dan penyelenggaraan jasa multimedia. . Untuk layanan akses internet

Kehadiran Starlink diharapkan dapat membantu pemerintah dalam mengupayakan pemerataan layanan internet di seluruh Indonesia, termasuk di wilayah perbatasan, terpencil, dan terpencil.

Kemenkes Uji Coba Layanan Internet Starlink di Puskesmas
Starlink Kemenkes Permudah Akses Internet di Puskesmas Terpencil

Koresponden: Farhan Arda Nograha
Redaktur: Meriati
Hak Cipta © JurnalPagi 2024