Menkominfo meminta pers terus melakukan inovasi pasca disahkannya “hak penerbit”.

JAKARTA (JurnalPagi) – Menteri Komunikasi dan Informatika (Mancominfo) Budi Ari Setiadi mengimbau perusahaan pers terus berinovasi dalam produksi karya jurnalistik pasca disahkannya aturan “publishers’ right” atau hak penerbit.

Ia menyatakan pentingnya menegakkan peraturan tentang hak-hak penerbit untuk memastikan perusahaan pers di Indonesia dapat terus menghasilkan konten yang berkualitas dan bisnis yang berkelanjutan.

“Saya ingin semua orang mengerti Hak penerbit Ini merupakan sebuah langkah maju yang harus dilanjutkan. “Dengan langkah ke depan, saya mendorong perusahaan pers untuk terus berinovasi di berbagai bidang guna menjawab peluang dan tantangan masa depan yang progresif dan dinamis,” ujarnya di Jakarta, Senin. “

Menurut dia, Peraturan Presiden tentang Hak Penerbit yang seharusnya disetujui pada Selasa (20/2) ini merupakan kebijakan yang disiapkan pemerintah untuk industri.

Ia melanjutkan, peraturan tersebut dirancang untuk menciptakan keseimbangan antara pelaku industri media massa lokal dan perusahaan platform digital untuk memastikan disrupsi digital tidak menggerus industri media massa.

Bodi mengatakan peraturan tersebut dimaksudkan untuk mendukung perusahaan media massa dalam mempertahankan dan memperluas eksistensi komersialnya.

Dia meminta para pengelola perusahaan pers dan media massa mempersiapkan diri dengan baik di masa transisi implementasi penuh aturan terkait hak penerbit.

Bodi mengatakan, Saya ingin perusahaan media ini bisa mengoptimalkan masa transisi enam bulan untuk mempersiapkan implementasinya, terutama kepanitiaan dan proses bisnis yang ada di dalamnya. Menurut saya enam bulan bukanlah waktu yang lama, sehingga perlu pengerjaan yang cepat dan hati-hati. Ya, Anda adalah seorang deputi.


Rancangan keputusan presiden “Hak Penerbit” segera disetujui
Kementerian Komunikasi dan Informatika: Perpres “Hak Penerbit” mendukung jurnalisme yang berkualitas

Redaktur: Meriati
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *