Menjelaskan tugas panitia dalam pelaksanaan “hak penerbit” oleh Dewan Pers

Jakarta (JurnalPagi) – Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu memaparkan tugas dan tanggung jawab komite yang akan dibentuk untuk mendukung implementasi Peraturan Presiden Nomor 32 Tahun 2024 tentang tanggung jawab perusahaan platform digital dalam mendukung jurnalisme berkualitas. Namanya Keputusan Presiden Hak penerbit.

Bab keempat peraturan ini membahas tentang ketentuan terkait komite yang bertugas memastikan perusahaan platform digital memenuhi kewajibannya dan menerapkan praktik jurnalistik yang berkualitas.

Komite ini bertugas melakukan pertimbangan, menerima informasi, dan memantau perkembangan, kata Ninik saat dihubungi dari Jakarta, Rabu.

Katanya, independensi panitia ini harus dijamin sehingga menimbulkan rasa keadilan bagi para pihak agar tidak ada satu pihak pun yang merasa lemah dalam menyelesaikan permasalahan tersebut.

Komite yang nantinya akan dibentuk oleh Dewan Pers akan mengawasi pelaksanaan kewajiban perusahaan platform digital sebagaimana dimaksud dalam Pasal 5 Perpres Nomor 32 Tahun 2024.

Berdasarkan ketentuan tersebut, perusahaan platform digital antara lain wajib memfasilitasi komersialisasi berita yang dihasilkan oleh perusahaan pers dan memperlakukan semua perusahaan pers secara adil dalam memberikan layanan.

Presiden Tandatangani Perpres Hak Penerbit atas Jurnalisme Berkualitas

Komite ini juga bertugas mengawasi publikasi dan komersialisasi berita untuk menjamin terlaksananya praktik jurnalistik yang berkualitas dan membantu menyelesaikan perselisihan terkait kerja sama antara perusahaan platform digital dan perusahaan pers.

Ninik mengatakan panitia dapat menawarkan penyelesaian sengketa melalui arbitrase atau upaya alternatif lain untuk membantu menyelesaikan perselisihan antara perusahaan platform digital dan perusahaan pers yang tidak dapat diselesaikan melalui dialog atau mediasi.

Keputusan panitia ini tentunya akan bersifat kolektif dengan mempertimbangkan perbedaan pendapat dari berbagai ahli, termasuk Pengacara Terkait dengan bisnis platform digital jika diperlukan menyediakan. Ninik Rahayu mengatakan, Oleh karena itu, keadilan dalam aturan ini tidak hanya berlaku bagi perusahaan pers, tetapi juga bagi perusahaan platform.

Dewan Pers: Perpres “Hak Penerbit” Beri Ruang Kecil Media untuk Berkembang
Kementerian Komunikasi dan Informatika Bentuk Tim Pelemahan Pasca Perpres tentang Hak Penerbit.

Redaktur: Meriati
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *