Mengonsumsi nutrisi yang baik sebelum dan selama kehamilan dapat mencegah terjadinya obesitas pada anak

Jakarta (JurnalPagi) – Obesitas pada anak dapat dicegah dengan memastikan ibu hamil mendapat nutrisi yang cukup sebelum dan selama hamil.

Penelitian yang dipublikasikan di BMC Medicine menemukan bahwa ketika ibu mengonsumsi suplemen yang mengandung probiotik, myinositol, dan vitamin B2, B6, B12, dan D sebelum melahirkan, mereka dapat meminimalkan penambahan berat badan dan obesitas pada anak mereka yang berusia 2 tahun.

“Temuan ini menunjukkan bahwa periode sebelum dan selama kehamilan bisa menjadi kesempatan istimewa, ketika ibu menerima nutrisi tambahan yang dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi anak-anaknya,” kata Profesor Keith Godfrey, yang memimpin tim peneliti. University of Southampton dan NIHR Southampton Biomedical Research Center dikutip Medical Daily, Kamis.

Ibu hamil boleh berpuasa asalkan asupan makanan dan kalorinya tetap diperhatikan

Diet Ibu Hamil, Boleh dan Dilarang

Penelitian tersebut melibatkan 500 partisipan yang dibagi secara acak menjadi dua kelompok, dimana satu kelompok mendapat suplemen nutrisi fortifikasi dan kelompok lainnya mendapat suplemen kehamilan standar.

Para peneliti mengukur berat badan anak-anak mereka pada usia 2 tahun. Mereka menemukan bahwa kemungkinan terjadinya obesitas lebih rendah pada anak-anak yang lahir dari ibu dalam kelompok yang diberi suplemen dibandingkan pada anak-anak yang menerima suplemen standar, yaitu 9 persen berbanding 18 persen.

Selain itu, anak dari ibu yang menerima asupan nutrisi lebih tinggi memiliki kemungkinan 25 persen lebih kecil untuk mengalami kenaikan berat badan dengan cepat setelah lahir.

Anggota tim peneliti, Xiao Yong Chan, dari National University of Singapore, menjelaskan, saat anak sedang berkembang, apa yang terjadi di tubuh saat hamil bisa berpengaruh.

Peristiwa ini disebut pemrograman embrio dan dapat memengaruhi respons bayi terhadap gaya hidup tidak sehat, seperti terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak dan tidak berolahraga.

Dia menambahkan: Hal ini mungkin membuat beberapa anak lebih rentan mengalami kelebihan berat badan.

Anemia pada ibu hamil bisa mempengaruhi kecerdasan bayi yang dikandungnya

Ahli Gizi Ingatkan Anak Pentingnya Konsumsi Nutrisi 1000 HPK.

Delapan nutrisi penting yang harus diikuti ibu hamil

Penerjemah: Farhan Arda Nograha

Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *