Menaker mengingatkan Indonesia untuk bertindak cepat mengatasi bonus demografi

Jakarta (JurnalPagi) – Menteri Ketenagakerjaan (Manaker) Aida Fawzia mengingatkan seluruh elemen masyarakat untuk segera menyikapi bonus demografi agar Indonesia bisa mengoptimalkan periode tersebut untuk kemajuan negara.

Saya mengajak bukan hanya saya saja yang cemas, tapi saya mengajak kita semua untuk cemas, apa yang harus dilakukan terhadap penduduk usia subur ini, ujarnya dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Saat peletakan batu pertama pembangunan SMK Industri Asy-Syarif Mitra di Mojukerto, Jawa Timur, Jumat (8/3), ia mengatakan juga harus ada respon cepat karena bonus penduduk Indonesia diperkirakan akan mencapai puncaknya. Itu akan terjadi pada tahun 2035.

Setelah tahun tersebut, Indonesia akan memasuki populasi menua populasi menua.

Menteri Ketenagakerjaan Aida Fawzia mengapresiasi pembangunan SMK Asiarif.

Ia menyatakan, dalam beberapa tahun ke depan, jumlah penduduk usia subur akan terus meningkat, dan pada tahun 2025 jumlah penduduk usia subur akan mencapai 197,13 juta jiwa.

Diperkirakan pada tahun 2030, jumlah penduduk usia subur Indonesia akan mencapai 203 juta jiwa.

Beliau mengatakan: “Waktu yang tersisa sangat singkat bagi kita untuk mempersiapkan pahala yang diberikan Tuhan ini, dapatkah kita membawa pahala ini untuk menjadikan Indonesia sebagai negara maju.”

Oleh karena itu, ia mendorong adanya kolaborasi antara dunia pendidikan dan pelatihan vokasi dengan dunia usaha dan industri.

Menurutnya, salah satu kunci menghadapi tantangan kompensasi demografi adalah dengan terus memperkuat kerja sama dunia pendidikan dan pelatihan vokasi dengan industri guna menyiapkan sumber daya manusia terampil sesuai kebutuhan industri.

Aida Fawzia mengatakan, “Untuk produksi buah manis yang kita siapkan adalah tenaga manusia, dan yang tidak boleh diabaikan adalah karakter bangsa yang kuat, sehingga tenaga manusia yang unggul juga memiliki karakter yang kuat.”

Wapres: Forum BLK Percepat Peningkatan Kompetensi Unggulan SDM
Menaker Resmikan Workshop Kreativitas Digital di BBPVP Bandung
Apresiasi Menaker atas Pemaparan Magister Aplikasi Pengadilan Elektronik Hubungan Industrial

Koresponden: Prisca Triferna Violleta
Redaksi : M.Hari Atmoko
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *