Marouf Amin: Pemerintah siap menyambut kembalinya kuota haji

Jakarta (JurnalPagi) – Wakil Presiden RI Maruf Amin mengatakan pemerintahnya bersiap menyambut baik keputusan mengembalikan kuota haji menjadi 100 persen.

Menanggapi kembalinya kuota haji Indonesia, Wapres mengatakan: “Dari segi kuota, saya pikir kita harus kembali ketika saatnya tiba (100 persen) karena ketika situasi kembali normal.” Hingga 100% setelah pandemi

Tanggapan Wapres atas Kunjungan Menteri Keamanan Nasional Israel ke Al-Aqsa

Hal itu disampaikan Maarouf, Wakil Presiden kepada wartawan usai menghadiri Haul Al Magfurlah Mama KH. Sel Muhammad Falak Abbas, 51, di Bogor, Jawa Barat, Sabtu malam.

Ia mengatakan, Indonesia pernah menerima kuota haji sebanyak 210.000 jemaah, sehingga pemerintah harus mempersiapkan pengiriman jemaah haji berdasarkan kuota tersebut.

Ia menegaskan, bukan perkara mudah menangani haji. Menurutnya, penetapan biaya haji harus lebih rasional agar subsidi yang diberikan tidak terlalu tinggi dan menyebabkan kredit haji habis.

“Jangan sampai (dana) habis, karena nanti susah. Makanya (biaya haji) harus dirasionalkan agar berkelanjutan, jadi keberlanjutanItu harus dilestarikan.”

Terkait kewajiban jemaah haji menjadi anggota Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), Wapres tidak mempermasalahkan hal itu sepanjang membawa kebaikan bagi jemaah.

“Harus siap untuk itu. Saya awalnya kaget, tapi kalau itu jaminan yang bagus, jaminan yang bagus untuk jemaah, saya kira harus diterima. Kita lihat perkembangannya.”

Reaksi Wakil Presiden atas Insiden Pengibaran Bendera Partai di Masjid
Wapres serukan penguatan pesantren untuk mendorong kemandirian masyarakat

Pemberita: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Tafsir al-Tirmidzi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *