jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juli 22, 2024

Jakarta (JurnalPagi) – Marcelino Ferdinand, pemain timnas Indonesia, menjadi pencetak gol termuda keempat di abad ke-21 atau sejak 2001 setelah mencetak gol terakhir ke gawang Irak pada laga pembuka Piala Asia AFC 2023 di Qatar. 1-3 di Stadion Ahmed Bin Ali, Qatar, Senin (15/1).

Pada hari Selasa, pesepakbola milik klub Belgia KMSK Deinze mencetak golnya di turnamen empat tahunan tersebut ketika ia berusia 19 tahun, 4 bulan dan 6 hari, menurut @FTalentScout di Twitter.

@FTalentScout menulis pada hari Selasa: “Pemain Indonesia Marcelino Ferdinand menjadi pemain muda keempat yang mencetak gol di Piala Asia Abad 21.”

Laga Pertama Piala Asia 2023 di Qatar, Indonesia Kalah dari Irak dengan Skor 1-3.

Mantan pemain Persabaya Surabaya itu tertinggal hampir satu tahun dari pencetak gol termuda di Piala Asia AFC abad ke-21 yang digelar bintang Tottenham Hotspur Korea Selatan Son Heung-min.

Saat itu, Son masuk papan peringkat pada usia 18 tahun 6 bulan 10 hari. Kapten Spurs menutup musim dengan gol di Piala Asia 2011, membantu negaranya menang 4-1 atas India pada menit ke-81.

Korea Selatan Hyung Min Sun (Korea Selatan) – 18 tahun, 6 bulan dan 10 hari. Mohand Ali (Irak) – 18 tahun, 6 bulan dan 19 hari. Majid Mohammad Hassan (Qatar) – 18 tahun, 9 bulan, 1 dan 7 hari. Marcelino Ferdinand (Indonesia) – 19 tahun 4 bulan 6 hari,” tambah @FTalentScout.

Salah satu hal positif terbesar bagi Tim Garuda di laga pembuka turnamen. “Ikon masa depan sepakbola Indonesia,” sambung cuitan @FTalentScout.

Marcelino menyayangkan keputusan wasit yang membatalkan gol kedua Irak

Selain rekor tersebut, Marcelino juga mencatatkan rekor lain atas namanya, yakni menjadi pemain termuda Indonesia yang mencetak gol di Piala Asia. Pada Piala Asia 2004, ia melampaui rekor yang sebelumnya dipegang oleh Ponario Staman dan mencetak gol pada usia 24 tahun, 9 bulan dan 29 hari.

Selain menjadi pencetak gol termuda, Marcelino juga menjadi pemain pertama Belgian Challenger Premier League atau liga Belgia kedua yang mencetak gol di Piala Asia.

“Marcelino Ferdinand dari @KMSKDeinze adalah pemain pertama dari Liga Penantang Profesional Belgia yang mencetak gol di @afcasiancup. Garuda tweet @OptaJohan pada hari Selasa.

Protes Timnas ke AFC Terkait Gol Irak yang Kontroversial
Penilaian Eric Tohir terhadap lini pertahanan timnas beberapa kali kehilangan momentum

Koresponden: Zaro Azza Siachenyar
Redaktur: Ervan Sohairondi
Hak Cipta © JurnalPagi 2024