Mantan Wakil Gubernur Sumut ini mendapat gelar kehormatan dari Sultan Kutapiang

Medan (JurnalPagi) – Mantan Wakil Gubernur (Wagub) Sumut Musa Rajakshah mendapat gelar kehormatan dari Sultan Kutapiang XIV sebagai Seri Abinawa Indera Dewa Utama yang menganugerahkan gelar Dato Seri Utama.

Selain itu, istrinya Sri Ayu Mihari juga mendapat gelar Seri Abinawa Indera Dewa Utama.

“Kami ucapkan terima kasih atas gelar yang telah bapak berikan, suatu kehormatan bagi saya dan istri. Saya harap kepercayaan ini dapat kita jaga dan dorong agar kita bisa berbuat lebih banyak lagi.”

Dikenal dengan sebutan Ijak, ia mengucapkan selamat kepada Sultan Kutapiang XIV yang baru saja menerima amanatnya. Ia berharap Kesultanan Kutapiang yang memiliki sejarah panjang di Indonesia, khususnya Sumut, dapat terus mengembangkan dan membantu melestarikan budaya Melayu.

Wakil Gubernur Sumut periode 2018-2023 menyampaikan, “Kami berharap kebudayaan Kesultanan Kota Penang dapat terus dilestarikan dan dipelihara oleh generasi muda.

Ketua MPR: Kesultanan Kotapiang Bentuk Pelestarian Tradisi Melayu.

Sebelumnya, proses penobatan Sultan digelar dalam upacara adat di Masjid Jame Al Mustafi Kutapiang pada 14 Januari 2024.

Keempat raja dari Kesultanan Kotapinang adalah Raja Musa Hydayt (Dzoriat Raja di Si Sumatera Utara), Raja Siahrial Nasutun (Dzoriat Raja di Penang Awan), Raja Khiluddin (Dzoriat Raja di Air Merah) dan Raja Durmansiah, wakil kabupaten tersebut. raja di Kutapiang dan perwakilan masyarakat adat bertemu dan mencapai mufakat.

Berdasarkan keputusan sidang dan musyawarah keempat raja tersebut, dikeluarkanlah surat pengakuan sebagai Diraja dan kemudian Tengku Ervan Bahran bin Tengku Muhammad Anwar bin Tengku Mustafa bini Sultan Mustafa Ma’mor Perkase Alamsiyah dinobatkan sebagai raja ke-14. Tuan Besar. Sultan Kotapiang

Hari ini, beberapa tokoh antara lain Bambang Suatiu, Musa Rajakshah dan lainnya dianugerahi penghargaan kehormatan oleh Kesultanan Kutapang.

Koresponden : M. Sahbainy Nasution
Redaktur: Triono Subagyo
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *