Manpura: FIFA berkedudukan di Jakarta untuk mempersiapkan Piala Dunia U-20

Jakarta (Jurnalpagi) – Menteri Olahraga dan Pemuda Zainuddin Amali mengatakan FIFA akan berkantor di Jakarta untuk mempersiapkan Piala Dunia U-20 yang akan digelar pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023.

Saat menghadiri PWI Jatim Open Golf Tournament Powarnas 2022 di Malang, Jawa Timur, Selasa, Zainuddin mengatakan pemerintah telah menyiapkan kantor khusus FIFA di Jakarta untuk berkoordinasi dengan PSSI selaku panitia daerah, Kemenpora dan Kementerian PUPR. Memfasilitasi judul. Bertanggung jawab atas persiapan Piala Dunia U-20 2023.

Setelah Piala Dunia 2022 di Qatar, FIFA akan berkantor di sini (Indonesia). (Kantor) yang disiapkan di Jakarta cukup besar sehingga mereka akan berkantor di sini selama persiapan hingga akhir turnamen (Piala Dunia U-20),” kata Zainuddin seperti dikutip laman resmi Kemanpura, Selasa.

Baca juga: Rafael Struik dan Zico Suri Bangga Bisa Perkuat Timnas U-20 Indonesia.

Selain itu, Zainuddin menjelaskan Piala Dunia U-20 2023 berbeda dengan Piala Dunia Qatar 2022 yang digelar dengan kehadiran timnas senior. Ia menegaskan, opening ceremony tidak akan digelar di Piala Dunia U-20 nanti.

Padahal saya sudah meminta kepada Presiden agar ada pembukaan yang meriah seperti pembukaan Asian Games 2018 dan ternyata aturan FIFA tidak mengizinkan. Itu adalah pembukaan game pertama.”

Zainuddin mengatakan ada tiga pilihan stadion yang disiapkan untuk laga pembuka, yakni Stadion Manahan Solo, Gelora Bung Karno Jakarta, dan Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya. Namun, keputusan untuk menentukan stadion dibuat oleh FIFA.

Rencana FIFA berkantor di Indonesia diumumkan Presiden Joko Widodo Oktober lalu. Namun tugas ini terkait dengan kepentingan perubahan sepak bola Indonesia sebagai respon atas tragedi Kanjurohan.

Kamanpura menunjuk evolusi PSSI di bawah pengawasan FIFA

Koresponden: Shofi Ayodyana
Editor: Aditya Eko Sigit Vikasono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.