Manfaat mencuci muka dengan air dingin dibandingkan air hangat bisa mengencangkan wajah!

Jakarta

Konon mencuci muka dengan air dingin lebih baik dibandingkan menggunakan air panas. Dalam hal ini, terdapat bukti bahwa pembersihan yang lebih dingin memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

Membersihkan wajah adalah bagian penting dari perawatan kulit dan kebersihan pribadi Anda, dan suhu air pasti mempengaruhi kulit Anda. Jadi, sama seperti Anda meluangkan waktu untuk mencari produk yang tepat untuk kulit Anda, penting juga untuk mengetahui berapa suhu air yang tepat untuk kulit wajah Anda.

Mencuci muka dengan air dingin mempunyai banyak manfaat. Sebagian besar manfaat ini terlihat pada permukaan kulit yang dibasuh dengan air dingin, namun efeknya mungkin berbeda dari satu jenis kulit ke jenis kulit lainnya.

Periklanan

Gulir untuk melanjutkan konten




7 manfaat mencuci muka dengan air dingin

Untuk memberi gambaran apa yang bisa Anda peroleh dengan mencuci muka dengan air es, berikut beberapa manfaatnya:

1. Mengecilkan pori-pori

Luncurkan dari halaman penata rambut, Beberapa bukti anekdot menunjukkan bahwa mencuci muka dengan air dingin dapat mengecilkan pori-pori. Sebaliknya, para ibu mencoba melihat apakah air dingin dapat meminimalkan munculnya pori-pori besar dan terbuka pada kulit.

2. Mengurangi pembengkakan wajah

Salah satu penyebabnya adalah saat tidur, terjadi regenerasi sel sehingga pori-pori kulit membesar dan wajah terlihat sedikit sembab.

Kalau wajahmu sembab, membersihkan wajah dengan air dingin rasanya enak banget, terutama di sekitar pipi. Air dingin dapat membantu membatasi aliran darah di bawah kulit, yang mungkin memberikan manfaat ini.

3. Meningkatkan hidrasi

Mencuci muka dengan air dingin dapat membantu menjaga kelembapan penting dan hidrasi kulit dengan mengurangi kehilangan air melalui epidermis.

4. Mengurangi produksi sebum

Mencuci muka dengan air dingin dapat membantu merawat kulit yang terlalu berminyak atau berjerawat dengan melawan produksi minyak berlebih.

5. Mengurangi peradangan

Mencuci muka dengan air dingin disebut-sebut sangat bermanfaat bagi penderita jerawat karena dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan, terutama di sekitar area rawan jerawat. Namun, belum ada bukti ilmiah yang membuktikan hal serupa.

6. Mencegah keriput

Mencuci muka dengan air panas dapat menyebabkan kerutan. Oleh karena itu, mungkin lebih baik menggunakan air dingin untuk mencuci muka.

7. Membantu menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari

Saat Anda terbakar sinar matahari, kulit menjadi meradang dan mengoleskan air dingin akan meredakannya secara instan. Air dingin dapat membantu menyempitkan pembuluh darah sehingga mengurangi kemerahan dan hangatnya luka bakar akibat sinar matahari.

Hal ini juga dapat meringankan ketidaknyamanan dan sensasi terbakar yang sering disebabkan oleh sengatan matahari. Anda harus membasahi kain atau handuk bersih dengan air dingin dengan lembut dan meletakkannya di area yang terbakar selama beberapa menit.

Meski memiliki banyak manfaat, mencuci muka dengan air yang terlalu dingin dapat merusak kulit dan membuatnya kering. Mencuci muka dengan air dingin mungkin tidak melarutkan kotoran di pori-pori dan justru meningkatkan risiko timbulnya jerawat.

Itu sebabnya sebaiknya hindari penggunaan air yang sangat dingin, ikuti perawatan rutin dan hindari membersihkan wajah secara berlebihan untuk menjaga kelembutan dan kesehatan kulit.

Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan jika mencuci muka dengan air dingin. Semoga membantu ya, Bu.

Bagi ibu-ibu yang menginginkannya membagikan Pertanyaan Mengasuh anak Dan Anda bisa mendapatkan banyak pemberian hadiahAyo Bergabung Pasukan Komunitas Hybunda. Daftar dan klik Di Sini. Bebas

(Harapan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *