Manfaat berjalan tanpa alas kaki di luar ruangan

JAKARTA (JurnalPagi) – Berjalan tanpa alas kaki di luar ruangan biasa disebut grounding atau membumi karena adanya kontak fisik tubuh dengan tanah. Ada bukti bahwa bumi mempunyai manfaat, termasuk sifat anti-inflamasi.

Berjalan tanpa alas kaki pun sudah menjadi kebiasaan beberapa selebriti mancanegara, baik untuk kesehatan maupun sekadar untuk kenyamanan, mulai dari Cate Blanchett, Jacob Alverdi, Shawn Mendes, Chris Pine, dan yang terbaru Kacey Musgraves bahkan berjalan tanpa alas kaki di tempat umum.

Dimuat dalam laman Eating Well, Jumat (22/3), sebuah studi tahun 2015 yang diterbitkan dalam Journal of Inflammation Research yang mengamati 20 studi kasus menyimpulkan bahwa kontak langsung dengan bumi dapat mengurangi peradangan yang disebabkan oleh cedera.

Jalan kaki merupakan aktivitas yang ideal untuk membantu penderita obesitas menurunkan berat badan

Studi kecil lainnya pada tahun 2012 yang diterbitkan dalam Journal of Environmental and Public Health menyimpulkan bahwa berjalan tanpa alas kaki dapat membantu mengurangi peradangan, mengurangi stres, dan bahkan mengurangi beberapa risiko penyakit kardiovaskular.

Para peneliti menyimpulkan bahwa hal ini disebabkan oleh perpindahan elektron tanah dari tanah ke tubuh.

Jalan kaki adalah aktivitas yang bagus untuk kesehatan Anda secara keseluruhan dan Anda dapat melakukannya dengan sepatu kets. Namun selama Anda tidak mengalami nyeri kaki kronis atau membutuhkan penyangga berupa sepatu berjalan, tidak ada salahnya berjalan tanpa alas kaki dalam waktu terbatas, terutama di halaman belakang rumah Anda.

Rutin jalan kaki bantu tingkatkan imunitas tubuh

Meskipun konsep berjalan tanpa alas kaki tampak menjanjikan, penelitian masih sangat terbatas. Selain itu, jalan kaki secara umum (dengan atau tanpa sepatu) terbukti memiliki efek anti inflamasi, mengurangi stres, dan dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Jadi Anda tetap bisa mendapatkan manfaat tersebut dengan mendukung sneakers. Selain itu, berjalan tanpa alas kaki di tempat umum secara signifikan meningkatkan kemungkinan cedera jika Anda menginjak sesuatu yang berbahaya.

Penerjemah: Fitrah Asy’ari
Redaktur : Siti Zulikha
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *