Mandi dengan air panas bisa membuat kulit Anda kering. Berikut tips dari dokter kulit untuk menjaga skin barier.

Sabtu, 27 Januari 2024 – 15:04 WIB

gaya hidup VIVA – Kulit merupakan organ tubuh terbesar sekaligus pertahanan terluar yang mampu melindungi tubuh terhadap berbagai penyakit, virus, sinar matahari dan paparan polusi. Oleh karena itu, menjaga kesehatan kulit sangatlah penting, terutama dalam hal kecantikan.

Simak 3 rekomendasi perawatan kulit, kesehatan, dan penampilan wajah pria

Berbicara mengenai kulit, ada skin barier yang merupakan lapisan pelindung kulit yang terletak pada permukaan epidermis. Pelindung kulit ini seperti struktur batu bata yang secara alami menghasilkan ceramide untuk melembabkan kulit.

Ceramide adalah lipid (lemak) yang ditemukan secara alami di kulit dan penting dalam mendukung fungsi pelindung kulit dan mempertahankan kelembapan.

Mulia, Alasan Ruben Onso Membuat Produk Kecantikan

Tanpa ceramide, kulit mungkin menjadi kering, gatal, atau iritasi. Mari kita ulas terus artikel lengkapnya di bawah ini.

Struktur ceramide seperti batu bata yang mengikat kulit dari lapisan ke lapisan. kata dokter kulit Dr Munib Shah pada acara peluncuran CeraVe di Jakarta, Jumat 26 Januari 2024.

Momen anggota OSIS menghancurkan bedak dan tabir surya milik siswa

Namun paparan polusi, penuaan, penggunaan produk perawatan kulit yang tidak tepat, dan gaya hidup yang tidak sehat dapat mengganggu elastisitas pelindung kulit.

Jika pelindung kulit rusak maka menimbulkan berbagai masalah kulit seperti eksim hingga psoriasis. Berikut tips menjaga kelenturan skin barier dari Dr. Munib Syah

1. Hindari mandi dengan air panas

Mandi dengan air panas mungkin terasa menyegarkan karena efeknya yang menenangkan.

Namun, air yang terlalu panas justru membuat kulit menjadi kering setelah mandi, dan jika dibiasakan dapat dengan mudah merusak pelindung kulit. Sebaiknya mandi atau cuci muka dengan air dingin setiap hari.

2. Gunakan krim pelembab 5 menit setelah mandi

Setelah mandi atau mencuci muka, Dr. Monib Shah menyarankan agar Anda segera menggunakan lotion pelembab pada kulit selama kurang lebih 5 menit.

Saat itu, kulit masih dalam keadaan setengah lembab, sehingga pelembap atau lotion yang digunakan mudah terserap saat air mengering.

3. Gunakan produk yang mengandung ceramide

Kandungan ceramide dalam perawatan kulit sehari-hari sangat bagus untuk memperbaiki pelindung kulit yang rusak.

Tanpa menggunakan 10 langkah perawatan kulit tersebut, kulit Anda bisa tetap terjaga kesehatannya jika produk perawatan dasar yang Anda gunakan mengandung bahan pelindung kulit yang efektif seperti ceramide.

4. Hindari perawatan kulit yang mengandung parfum

Parfum atau wewangian pada produk perawatan kulit terkadang dapat memberikan efek menenangkan karena aromanya yang aromatik.

Namun parfum ini mengandung sedikit alkohol yang dapat mengeringkan kulit. Selain itu, parfum juga tidak dianjurkan untuk orang dengan kulit sensitif karena dapat menimbulkan reaksi alergi.

halaman selanjutnya

1. Hindari mandi dengan air panas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *