Makanan sehat mengandung manfaat untuk liver

Tubuh memiliki organ yang bekerja terus-menerus untuk menjaga kesehatan seseorang, termasuk hati, yang menjalankan lebih dari 500 fungsi vital dalam tubuh, mulai dari menyaring racun hingga mengatur gula darah.

Menulis di Hindustan Times, Minggu (4/7), CEO, Co-Founder Oorla Saravana Kumar Mahanraj mengatakan, banyak makanan enak berdampak besar pada kesehatan hati.

“Sayuran seperti brokoli dan kembang kol sangat bagus untuk detoksifikasi karena kandungan sulforaphane dan lemak sehatnya, seperti yang ditemukan dalam alpukat dan minyak zaitun, membantu menyerap vitamin penting dan melindungi sel hati,” katanya.

Makanan lain yang memiliki nutrisi baik untuk liver adalah nasi merah. Beras merah merupakan sumber serat yang baik, yang membantu mengatur pencernaan dan mencegah racun berpindah ke seluruh tubuh.

Hati-hati, Kelebihan Protein Sebabkan Kerusakan Organ Vital

Kopi dan Tahu Baik untuk Kesehatan Liver

Selain itu, beras merah mengandung karbohidrat kompleks yang memberikan energi berkelanjutan dan mencegah lonjakan gula darah yang dapat membuat hati stres.

Mehneraj juga mengatakan: Biji soba juga bermanfaat untuk proses detoksifikasi tubuh. Biji soba kaya akan mineral penting seperti fosfor serta tembaga dan magnesium yang berperan penting dalam metabolisme energi di sel hati.

Dia menjelaskan: Fosfor berfluktuasi secara langsung dan membantu berbagai reaksi enzimatik, dan tembaga adalah sumber utama faktor perangsang untuk mengatur dan mengendalikan jalur biokimia untuk kesehatan hati secara keseluruhan.

Jadi, dengan mengatur kadar gula darah dan mengurangi risiko resistensi insulin dan perlemakan hati, fosfor berfungsi untuk menjaga keseimbangan yang baik di hati dan tubuh.

Sementara itu, ahli gizi bersertifikat Nupuur Patil mengatakan mendukung fungsi hati melalui pola makan seimbang sangat penting untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan mencegah penyakit hati.

Menambahkan sayuran berdaun hijau seperti bayam dan lobak Swiss ke dalam makanan Anda memberikan nutrisi penting seperti folat, yang membantu fungsi dan perbaikan hati. Selain itu, sayuran hijau ini kaya akan klorofil yang membantu menetralkan racun dan mendukung proses detoksifikasi. Patil

Selain sayuran berdaun hijau, menambahkan sayuran seperti brokoli, kubis Brussel, dan kubis ke dalam makanan Anda adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kesehatan hati, katanya. Sayuran ini kaya akan senyawa yang disebut glukosinolat yang mendukung enzim detoksifikasi hati.

Cara lain untuk menjaga kesehatan liver adalah dengan mengonsumsi lemak sehat, seperti yang terdapat pada alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian, dan ikan berlemak seperti salmon dan sarden, karena memiliki sifat anti inflamasi yang dapat mengurangi peradangan liver dan memperbaiki kondisinya. Jantung.

Terakhir, minum teh hijau tidak hanya membantu menurunkan berat badan. Hal ini terkait dengan peningkatan fungsi hati dan penurunan risiko penyakit hati seperti penyakit hati berlemak. Teh hijau mengandung katekin yang memiliki sifat antioksidan yang melindungi sel hati dari kerusakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *