jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 20, 2024

Jakarta (JurnalPagi) –

Seorang pakar kesehatan usus menyampaikan bahwa mengonsumsi apel sangat bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan dan membantu mencegah penyakit kronis.

Ia menulis di laman New York Post, Selasa (27/2) bahwa apel merupakan sumber serat yang baik, dan satu buah apel berukuran sedang mengandung sekitar 4,4 gram serat.

Apel juga mengandung fitokimia dalam jumlah besar, yaitu senyawa tumbuhan yang dapat membantu mencegah penyakit kronis.

Apel juga merupakan sumber probiotik yang baik, dan seperti manusia, tumbuhan memiliki mikrobioma. Mikrobioma apel membantunya tumbuh dari bunga kecil menjadi buah yang sudah berkembang sempurna.

Sebuah apel mengandung sekitar 100 juta bakteri, dan para ilmuwan percaya bahwa mikroba dalam makanan kita berinteraksi dengan baik dengan mikroba di usus.

Terakhir, ia menjelaskan bahwa setiap jenis apel memiliki karakteristik uniknya masing-masing, namun serat, fitokimia, dan mikroba semuanya berkontribusi terhadap kesehatan manusia secara keseluruhan.

Tapi hanya makan apel tidak menyembuhkan segalanya. Ahli gizi yang berbasis di Charleston Lauren Manaker, RDN, mengatakan pola makan seimbang dan pilihan gaya hidup sehat merupakan komponen penting untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Apel Jangan Dikupas, Ini 5 Manfaatnya

“Kebanyakan orang Amerika tidak mengonsumsi buah dan sayuran dalam porsi harian yang direkomendasikan, jadi memasukkan apel ke dalam menu makanan dapat membantu mencapai tujuan tersebut,” katanya.

American Heart Association merekomendasikan empat hingga lima porsi buah dan sayuran sehari.

Meskipun makan apel sehari tidak akan merugikan Anda, kata ahli gizi Courtney Coe, tanpa pola makan bergizi, manfaatnya mungkin tidak sebesar yang diperkirakan.

Ko memperingatkan bahwa penting untuk memasukkan protein, lemak anti-inflamasi, karbohidrat kompleks, buah-buahan dan sayuran ke dalam makanan Anda setiap hari karena profil nutrisi untuk setiap kelompok makanan berbeda dan bekerja paling baik jika digabungkan.

Manfaat cuka apel untuk kesehatan rambut

Penerjemah: Fitrah Asy’ari
Redaktur : Siti Zulikha
Hak Cipta © JurnalPagi 2024