jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 20, 2024

Jakarta (JurnalPagi) – Meluangkan waktu untuk melakukan olahraga ringan dan peregangan dapat membantu mengurangi stres dan kekakuan pada otot dan persendian selama perjalanan.

Saat bepergian, Anda dapat melakukan latihan rentang gerak selama kurang lebih 10 menit di akomodasi atau hotel Anda untuk mengurangi stres dan meredakan kekakuan otot dan sendi setelah duduk dalam waktu lama.

Menurut siaran tersebut baik dan bagus Pada Sabtu (25/5), latihan mobilitas terdiri dari gerakan-gerakan yang memadukan peregangan statis dan peregangan aktif.

“Latihan gerak juga melibatkan pergerakan sendi kita melalui rentang gerak aktif dengan sedikit atau tanpa beban,” kata Kyle Farley, pelatih pribadi dan direktur kebugaran di Fit Athletic Club.

Ia mengatakan: Gaya olah raga ini sangat bermanfaat untuk kesehatan sendi, kondisi fisik dan pencegahan cedera, serta mengurangi rasa lelah dan kecemasan selama perjalanan.

Olah Raga 20 Menit Bantu Tingkatkan Kekuatan Otak
Penelitian menunjukkan, jalan kaki 11 menit bisa mencegah kematian dini

Berikut beberapa olahraga yang menurut Farley bisa dilakukan di hotel agar tubuh tetap bugar saat bepergian.

Peregangan statis pada fleksor pinggul

Latihan ini diawali dengan posisi setengah berlutut dengan meletakkan kaki kiri ke depan membentuk sudut 90 derajat dan meletakkan lutut kanan di lantai sedangkan kaki kanan membentuk sudut 90 derajat. Setelah itu, gerakkan sedikit berat badan Anda ke depan hingga Anda merasakan regangan pada pinggul bagian depan. Tahan posisi ini selama 30 detik, lalu ulangi pada sisi lainnya.

Tekuk lutut sambil memutar punggung

Mulailah latihan dalam posisi setengah berlutut dengan menempatkan kaki kiri ke depan pada sudut 90 derajat dan meletakkan lutut kanan di lantai dengan sudut 90 derajat. Selanjutnya letakkan kedua tangan di lantai sejajar dengan kaki kiri, angkat lengan kiri, dan putar tubuh bagian atas ke kiri. Putar hingga lengan kiri terentang penuh. Setelah itu, kembali ke posisi awal dan ulangi pada sisi lainnya. Lakukan lima pengulangan di setiap sisi.

Peregangan punggung bawah

Latihan ini dilakukan dengan cara berbaring telentang dengan kedua kaki diluruskan, lalu tarik lutut kanan ke arah dada menggunakan tangan kiri dan biarkan jatuh di atas tubuh sambil menjaga bahu kanan tetap di lantai. Tahan posisi tersebut sejenak, lalu kembali ke posisi awal dan berpindah sisi. Lakukan lima pengulangan di setiap sisi.

Pose merpati statis

Jenis latihan ini dimulai dengan posisi meja dengan tangan dan lutut di lantai, kemudian membawa lutut kanan ke depan dan meletakkannya di belakang pergelangan tangan kanan. Selanjutnya, turunkan pinggul, betis, dan pergelangan kaki kanan ke arah lantai, lalu tarik kembali kaki kiri hingga lurus.
Turunkan tubuh Anda ke lantai untuk memperdalam regangan pinggul Anda. Tahan selama 30 detik, lalu ulangi di sisi lainnya.

Peregangan leher statis

Mulailah latihan dengan duduk atau berdiri tegak, lalu letakkan tangan kiri di belakang kepala dan tangan kanan di atas kepala. Miringkan kepala ke kanan secara perlahan hingga Anda merasakan regangan pada leher dan bahu. Tahan selama 30 detik, lalu ulangi di sisi lainnya.

Posisi burung-anjing

Mulailah latihan dalam posisi meja, dengan punggung lurus dan tangan serta lutut sebagai penyangga. Setelah itu, rentangkan lengan kiri ke depan dan kaki kanan ke belakang sambil menjaga pinggul tetap sejajar. Tahan sebentar, lalu kembali ke posisi awal dan ganti sisi. Lakukan lima pengulangan di setiap sisi.

Jalan kaki bisa jadi pilihan olah raga ibu rumah tangga
Jalan cepat bisa jadi pilihan mengembalikan kebiasaan olahraga

Penerjemah: Fitrah Asy’ari
Redaktur: Meriati
Hak Cipta © JurnalPagi 2024