jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juli 24, 2024

Jakarta (JurnalPagi) – Lionel Messi dinobatkan sebagai pemain terbaik FIFA 2023, sementara Aitana Bomati menambahkan gelar pemain wanita terbaik ke dalam daftar gelarnya pada acara penghargaan di London, Senin setempat atau Selasa pagi WIB.

Messi meraih penghargaan tersebut untuk ketiga kalinya, namun pemain berusia 36 tahun itu memberikan kejutan karena Erling Holland juga berperan besar dalam kesuksesan Manchester City.

Penghargaan tersebut hanya mencakup periode setelah Messi membawa Argentina menjuarai Piala Dunia pada Desember 2022 hingga Agustus 2023.

Sementara itu, pemenang Ballon d’Or delapan kali Messi memutuskan untuk mengakhiri karirnya di PSG meski memenangkan Liga Prancis, memilih untuk bergabung dengan klub Liga AS Inter Miami pada bulan Juni.

Messi dengan cepat membuat jejaknya di Amerika Serikat ketika ia membantu timnya memenangkan trofi pertama mereka, Copa America, pada bulan Agustus.

Setelah mencetak 52 gol di musim pertamanya di City, Haaland juga membantu klub memenangkan Liga Champions, Liga Premier, dan Piala FA.

Setelah mendapat jumlah poin yang sama dari sistem penilaian hasil voting para kapten, pelatih, reporter dan fans timnas, Messi mengumumkan haknya untuk memenangkan penghargaan tersebut.

Mantan rekan setim Messi, Kylian Mbappé, berada di posisi ketiga.

Namun, ketiga finalis kategori putra tidak hadir pada upacara penghargaan tersebut, sehingga legenda Arsenal dan Prancis Thierry Henry menggantikan Messi untuk menerima penghargaan tersebut.

Di kategori putri, seleksi Bomati tak perlu diragukan lagi setelah ia meraih penghargaan individu dalam beberapa bulan terakhir berkat membantu Spanyol menjuarai Piala Dunia Wanita dan Barcelona menjuarai Liga Champions 2023.

“Beberapa minggu lalu, ketika tahun 2023 berakhir, saya merasa bernostalgia karena tahun 2023 adalah tahun yang unik dan luar biasa yang akan saya kenang seumur hidup,” kata Benmati seperti dikutip AFP.

Messi Berbagi Kisah Juara Piala Dunia di Captains of the World

Pep Guardiola dinobatkan sebagai manajer terbaik setelah membawa City meraih gelar Liga Champions pertama mereka.

Kami di sini karena kami telah memenangkan banyak hal dan ribuan orang berkontribusi terhadap kesuksesan kami. Saya sangat bersemangat dengan musim itu karena ini adalah perjalanan yang luar biasa. “Pada akhirnya, kami berhasil, tapi senang berada di sini,” kata Guardiola.

Penjaga gawang Manchester City Ederson dinobatkan sebagai penjaga gawang terbaik, dan Mary Earps dari Inggris Wanita dan Manchester United menerima penghargaan yang sama dalam kategori wanita.

Manajer Inggris Sarina Wigman telah memenangkan penghargaan Pelatih Wanita Terbaik Tahun Ini setelah memimpin Lions ke final Piala Dunia Wanita.

Tim nasional putra Brasil memenangkan penghargaan fair play setelah mengenakan pakaian serba hitam untuk pertama kalinya untuk mendukung Vinicius, yang beberapa kali mendapat pelecehan rasial saat bermain untuk Real Madrid tahun lalu.

Messi dan Bomati Masuk Daftar Final Calon Pemain Terbaik Dunia
Lionel Messi Terpilih Sebagai Atlet Terbaik Tahun Ini versi Time

Koresponden: Rauf Ender Adipati
Redaktur: Teguh Handoko
Hak Cipta © JurnalPagi 2024