jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juli 24, 2024

Asosiasi mendorong pemerintah untuk mempercepat pembangunan perumahan di Jawa Timur

Surabaya (JurnalPagi) – Asosiasi Gotong Royong Asosiasi Perumahan Jawa Timur menggelar deklarasi di Surabaya untuk menyelaraskan visi dan misi membantu pemerintah membangun rumah bagi masyarakat.

Fekri, Ketua Asosiasi Gotong Royong Perumahan Jawa Timur, mengatakan sepuluh asosiasi telah membentuk forum komunikasi untuk menyampaikan keprihatinannya.

“Asosiasi ini mendorong pemerintah untuk mempercepat pembangunan perumahan di Jawa Timur. Sejauh ini masing-masing asosiasi telah mendapatkan data bahwa ada kendala dalam mempercepat proses penerbitan izin pembangunan rumah,” kata Fekri.

Percepatan pembangunan perumahan rakyat sejalan dengan visi pemerintah. Mereka pun ingin mewujudkan hal tersebut dan prosesnya bisa cepat dilaksanakan.

Ia mengatakan, misalnya perizinan PBB, perubahan izin IMB menjadi PBB di beberapa daerah dan kota menjadi persoalan penting yang harus dibicarakan guna mempercepat penerbitan izin.

Selain itu, kendala lain yang dihadapi asosiasi perumahan adalah upaya menindak persekongkolan ilegal yang harus ditindak tegas oleh aparat penegak hukum.

Dikatakannya, “Persekongkolan terlarang sudah menjadi kegiatan ilegal dan semakin sering terjadi. Hal ini jelas melanggar Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2012 tentang Pajak Pertambahan Nilai Barang dan Jasa serta Pajak Penjualan Atas Barang Mewah.”

Pihaknya juga mendorong insentif pajak daerah bagi pelaku usaha properti.

“Penjualan banyak lahan ilegal dapat menyebabkan hilangnya pendapatan pemerintah daerah, karena pengembang properti yang menjual rumah dapat meningkatkan pendapatan daerah,” ujarnya.

Dengan terbentuknya majelis ini, Fekri berharap pihaknya mampu mewujudkan satu juta unit rumah dan kendala-kendala yang ada di bidang tersebut dapat dihilangkan.

Koresponden: Willy Irvan
Redaktur: Agus Salim
Hak Cipta © JurnalPagi 2024