Lima tips memasak menggunakan madu ala chef

Jakarta (JurnalPagi) – Selain bisa dinikmati secara langsung, madu juga bisa digunakan untuk memasak, salah satunya madu Kayan.

Madu Kayan dipanen dari pohon-pohon tinggi di kawasan hutan, dimana masyarakat memanennya di malam hari dengan tetap menjaga kelestarian hutan.

Lulusan Masterchef Indonesia Season 7, Mariska Tracey, menawarkan tips menggunakan madu kaya untuk memasak. Lihat kutipan berikut dari pernyataan resmi hari Kamis.

Ini Perbedaan Madu, Propolis, Royal Jelly dan Bee Pollen

Madu Hutan Punan Raih Penghargaan Berau Coal

Pilih madu yang berkualitas
Setiap jenis madu memiliki rasa yang berbeda tergantung dari jenis bunga yang dihisap oleh lebah. Lalu, apa yang membuat Asal Kayan berbeda?

“Rasanya manis, tapi tidak terlalu manis. Ada aroma dan rasa bunga liar yang khas. Teksturnya lebih cair dibanding madu lain yang cenderung kental. Ada buih yang menandakan madunya masih natural. Artinya kualitasnya bagus dan tidak banyak proses yang terpengaruh.”

Dia juga mencatat: Madu yang baik seharusnya jauh lebih mahal daripada madu yang tersedia di pasaran. Rasanya berbeda. Madu kualitas jelek rasanya semanis gula, sedangkan madu kualitas bagus punya rasa manis yang khas. Kualitas madu menentukan hasil akhir dari suatu makanan atau kue.

Rasa madu Kayan unik dan pedas karena sumber makanan lebah adalah aneka bunga liar yang masih sangat asri. Musim panen madu yang hanya setahun sekali ini setelah musim bunga liar.

Lebah mulai banyak berkeliaran di sekitar hutan, ketika bunga-bunga hutan mulai bermekaran. Madu dipanen saat bunganya berubah menjadi buah seukuran ibu jari. Untuk mencegah lebah menyengat pemanen, pemanenan dilakukan pada malam hari yang gelap gulita, saat bulan mati atau tidak ada cahaya sama sekali.

Madu bisa dipanen hingga dini hari. Jika ada banyak sarang lebah dalam satu pohon, satu malam tidak cukup waktu untuk memanen. Padahal, jika ada 40 atau lebih sarang di pohon, waktu panen bisa mencapai tiga hari. Ini belum semuanya. Sarang yang sulit diakses ditinggalkan dan dibiarkan mengering.

Pengganti gula
Madu tidak hanya berasa manis, tetapi juga bisa digunakan sebagai bahan pembuat kue seperti gula. Bedanya madu lebih berkhasiat karena mengandung mineral dan antioksidan.

Jika Anda menggunakan madu, hidangan menjadi karamel dengan mudah, sehingga hidangan tampak lebih kaya berkilau. Hanya untuk proses pembuatan kue saja, madu tidak bisa menggantikan gula 100%. Misalnya mengaduk krim kocok Atau putih telur, kita masih membutuhkan gula pasir.

Kue atau snack yang menggunakan madu cocok untuk yang tidak suka makanan yang terlalu manis, karena madu tidak semanis gula. Selain itu, kue madu bisa menjadi ide jualan kue premium karena menggunakan madu berkualitas tinggi yang harganya mahal.

Simpan pada suhu kamar
Menurut Mariska, madu bisa bertahan lama dalam kondisi tertentu.

Madu bisa bertahan bertahun-tahun jika disimpan di tempat yang higienis. Madu harus ditempatkan dalam gelas atau botol plastik dan disimpan pada suhu ruangan yang sejuk dan kering. Hebatnya lagi, madu alami tidak memiliki tanggal kedaluwarsa seperti madu Kayan.

Ini sangat cocok dengan bahan lain
Madu yang identik dengan manis tidak hanya membuat makanan manis seperti dessert. Madu juga bisa digunakan untuk memasak hidangan lezat.

Kita bisa membuat semua jenis minuman manis dengan madu, kue, puding, panna cotta, dll. Untuk menu masakannya, madu bisa digunakan untuk menyiapkan ayam bakar, saus asam manis, dan saus salad.

Untuk menyiapkan makanan penutup, madu juga berpadu serasi dengan berbagai bahan, termasuk yang mengandung asam, seperti lemon, jeruk nipis, yogurt, susu, mentega, dan krim. Selain itu, madu sangat cocok dipadukan dengan daging untuk membuat makanan yang enak. makanan lautDan pilihan sayuran untuk salad.

Jangan memasak dengan suhu tinggi
Mariska menjelaskan cara terbaik mengkonsumsi madu untuk menjaga khasiatnya adalah dengan mengkonsumsinya langsung atau dicampur dengan air hangat, bukan air panas. Dia menyarankan kita untuk tidak menggunakan madu pada suhu tinggi seperti memasak karena merusak madu.

“Bila ingin menggunakan madu sebagai bahan masakan, sebaiknya ditambahkan pada tahap terakhir, saat makanan sudah matang dan tidak terlalu panas. atau digunakan sebagai sebaran. Jika Anda membutuhkan madu untuk memasak dengan suhu tinggi, seperti sayap ayam madu, gunakan madu berkualitas biasa yang harganya relatif murah. Karena kita tidak mencari khasiatnya, tapi ingin mendapatkan rasa madu yang membuat rasa makanan menjadi halal.”

Madu Hutan Flores Timur Tembus Pasar Nasional

obat bubuk dengan tambahan madu jadi solusi anak cenderung minum obat

Kunyit bisa menggantikan madu untuk menurunkan demam

Editor: Alviansia Pesaribo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *