Lima bintang sepak bola dunia akan mempercantik Piala Afrika

Jakarta (JurnalPagi) – Sejumlah nama besar dunia sepak bola tengah memeriahkan Piala Afrika 2024 yang digelar di Pantai Gading pada 13 Januari hingga 11 Februari.

Menurut AFP, lima bintang sepak bola dunia akan mengikuti turnamen ini.

Pertama, Mohamed Salah yang berasal dari Mesir. Penyerang Liverpool berusia 31 tahun ini adalah superstar Liga Premier dan ikon olahraga di dunia Arab.

Ia menjadi top skorer Liga Inggris musim ini dengan 14 gol dan membantu Liverpool memuncaki klasemen. Jika Salah bisa lolos ke Piala Afrika bersama Mesir, Liverpool tidak akan diperkuat Salah selama empat pertandingan liga, yang berpotensi merusak perburuan gelar The Reds.

Lalu yang kedua yakni Victor Osimhen dari Nigeria. Osiman memimpin Nigeria ke Piala Afrika adalah prospek yang menggiurkan bagi para penggemar Super Eagles.

Dia menuju ke Pantai Gading setelah dinobatkan sebagai pemain terbaik Afrika pada tahun 2023 karena penampilannya yang luar biasa dalam perebutan gelar Serie A Napoli.

Osiman mencetak 26 gol untuk Napoli musim lalu tetapi kesulitan musim ini karena dia hanya mencetak delapan gol. Namun, dia baru saja menandatangani kontrak baru dengan klubnya dan ingin menebus waktu yang hilang di Piala Afrika.

Legenda Sepak Bola Brasil Mario Zagallo Meninggal di Usia 92 Tahun

Ketiga, Sadio Mane dari Senegal. Mane adalah pahlawan saat Senegal mengatasi status underdog selama bertahun-tahun untuk memenangkan Piala Afrika 2022 untuk pertama kalinya, mencetak penalti kemenangan dalam adu penalti melawan Mesir di Yaoundé.

Dia adalah Pemain Terbaik Afrika Tahun Ini dua kali pemenang kedua Ballon d’Or sudah dilangsungkan pada tahun 2022, namun kariernya dikhawatirkan akan compang-camping setelahnya.

Cedera membuatnya absen dari Piala Dunia Qatar dan Mane meninggalkan Bayern Munich setelah hanya satu musim untuk bergabung dengan Al Nasr di Liga Profesional Saudi.

Saat ini, ia masih mencetak rata-rata gol setiap detik dalam setiap pertandingan untuk klubnya, di mana Mane bermain bersama Cristiano Ronaldo dan menjadi kunci bagi peluang negaranya untuk mempertahankan mahkota kontinental.

Bintang keempat adalah Serhou Guirassy dari Guinea. Guinea hanya berada di peringkat ke-15 di Afrika dan memiliki pengaruh kecil di babak akhir Piala Afrika baru-baru ini. Oleh karena itu, Guinea harus berjuang keras untuk keluar dari grup yang mencakup Senegal, Kamerun, dan Gambia.

Namun, Guinea memiliki pemain yang menjadi sensasi di Bundesliga Jerman musim ini dalam diri Girassi, striker kelahiran Prancis berusia 27 tahun.

Mantan pemain internasional Prancis U-20 ini mencetak rata-rata 10 gol liga per musim selama tiga tahun terakhir di Rennes dan VfB Stuttgart, namun performanya bersama Stuttgart musim ini luar biasa.

Rooney dipecat dari Birmingham City setelah hanya tiga bulan menjadi pelatih kepala

Kelima, Ashraf Hakimi dari Maroko. Bek kanan Paris Saint-Germain ini adalah bintang terbesar tim peringkat teratas Maroko di Afrika dan datang ke Piala Afrika dengan ambisi besar setelah mencapai semifinal Piala Dunia lebih dari setahun lalu.

pemenang kedua Osiman secara teori adalah seorang bek yang pantas mendapatkan penghargaan Pemain Terbaik Afrika, namun ia memberikan ancaman serangan yang sangat besar di sisi sayap dan tampil luar biasa untuk klubnya musim ini.

Jika Hakimi tetap fit dan berada dalam performa terbaiknya, Maroko akan memiliki peluang besar untuk memenangkan Piala Afrika pertama mereka sejak 1976.

Puma resmi mengakhiri kerja sama dengan Asosiasi Sepak Bola Israel

Koresponden: Agatha Olivia Victoria
Redaksi: Aditya Eko Sigit Vikasono
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *