Lihatlah kiprah PDN Cikarang yang dinobatkan sebagai “Green Data Center”.

Jakarta (JurnalPagi) – Pemerintah menyiapkan Pusat Data Nasional (PDN) di tiga lokasi di Indonesia, salah satunya PDN di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Sejak diluncurkan pada kuartal keempat tahun 2022, PDN Cikarang telah mencapai kemajuan pembangunan secara keseluruhan sekitar 31,74% dan telah mendapatkan sertifikasi sebagai “Green Data Center” pertama di Indonesia oleh Green Building Council of Indonesia (GBCI).

Ellipse Project Manager PDN Cikarang Rayan Septiadi, kontraktor yang membangun pusat data nasional di Kabupaten Bekasi, Selasa, mengatakan: “Kami bangga PDN dinobatkan sebagai Green Data Center oleh GBCI.

PDN Jadi “Tulang Punggung” Aplikasi Pelayanan Publik Terintegrasi

PDNS berbasis cloud menampung 400 institusi pemerintah

Aris Kurniawan, Kepala Departemen Layanan Aplikasi Informatika Pemerintah, Direktorat Jenderal Aplikasi Kementerian Komunikasi dan Informatika, menjelaskan lebih lanjut bahwa PDN Cikarang telah masuk dalam kategori platinum dalam pengakuan desain bangunan ramah lingkungan GBCI.

Tampak depan mock-up Pusat Data Nasional (PDN) Cikarang. Foto diambil di kantor PDN Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (6/2/2024). (JurnalPagi/Livia Kristianti)

Tingkat platinum dalam Sertifikasi GBCI Green Building sendiri merupakan tingkat tertinggi yang dapat dicapai oleh suatu bangunan dalam mendukung kelestarian lingkungan, artinya PDN Cikarang mempunyai tingkat efisiensi energi dan pengelolaan lingkungan yang dinilai sangat baik.

JurnalPagi juga berkesempatan mengunjungi dan meninjau langsung pembangunan PDN Cikarang yang kini terlihat jelas bentuk bangunan pusat data dan ruang perkantoran.

Secara keseluruhan, PDN Cikarang dirancang di atas lahan seluas 5.000 hektar dengan total luas bangunan 16.000 meter persegi.

Gedung pertama yang dikunjungi adalah gedung administrasi, gedung tersebut terlihat mulai berdiri namun masih dalam perbaikan. Nantinya, gedung untuk kegiatan administrasi akan dibangun tiga lantai.

PDN Cikarang diresmikan pada 17 Agustus 2024 oleh Presiden Joko Widodo.

Pembangunan Pusat Data Nasional di Sikarang akan selesai September 2024

Pemandangan pengerjaan di aula yang merupakan bagian Gedung Balai Pemerintahan PDN Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (06/02/2024). (JurnalPagi/Livia Kristianti)

Di dalam gedung aula admin, Anda dapat melihat sebuah ruang yang nantinya dapat digunakan sebagai ruang bersama oleh sekitar 100 orang.

Perjalanan dilanjutkan menuju gedung data center atau yang disebut dengan IT Hall. Bangunan ini merupakan yang terbesar dan menempati sebagian dari seluruh bangunan yang dibangun.

Secara khusus, aula TI dirancang untuk memiliki luas lantai yang ditentukan Permukaan yang sangat halus Pekerjaan ini dilakukan oleh kontraktor untuk memenuhi persyaratan a Pusat Informasi.

PDN IKN dirancang memiliki kapasitas tertinggi dibandingkan PDN lainnya

Oleh karena itu, struktur lantainya sangat datar dan berbeda dari apartemen biasa di aula manajemen. Permukaan yang sangat halus Ini adalah keahlian Pusat Informasi Sehingga server “Kemudian datanya bisa paralel dan sangat datar sehingga memerlukan pengelolaan khusus,” kata Ryan.

 

Pemandangan aula IT dengan lantai Permukaan yang sangat halus Itu akan menjadi tempatnya server untuk data center di PDN Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (6/2/2024). (JurnalPagi/Livia Kristianti)

Di aula teknologi informasi terlihat telah dibangun saluran drainase yang berguna untuk menampung air dari AC.Alat pendinginkan air).

Menariknya, jalur drainase dirancang untuk penggunaan air berulang kali dan merupakan bagian penting dari bangunan hijau, memastikan tidak ada pengelolaan air atau limbah yang mencemari lingkungan sekitar.

“Jadi begitu Pusat Informasi Ini adalah pengelolaan sampah dan melarikan diri Air dihitung sedemikian rupa sehingga air tidak terbuang percuma. Aris berkata, Air hujan pun punya tangki dan digunakan untuk menyiram tanaman.

PDN Cikarang dijadwalkan selesai pada Agustus 2024, sedangkan peresmiannya akan dilakukan pada HUT ke-79 Republik Indonesia oleh Presiden Joko Widodo.

Diedit oleh: Zita Mirina
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *