Lemigas membantu menjaga keandalan pasokan listrik

Jakarta (JurnalPagi) – Lemigas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) membantu menjaga keandalan pasokan listrik dengan memantau kondisi turbin sehingga menghasilkan kinerja pembangkit listrik yang prima.

Ariana Somanto, Kepala Lemigas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, menyatakan pemeliharaan turbin adalah kunci untuk memastikan kinerja pembangkit yang baik.

“Lemigas merupakan salah satu pihak yang berkompeten dalam memantau kondisi turbin,” ujarnya dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Untuk itu, menurutnya, diadakan seminar bertajuk “Pemantauan kondisi oli turbin ASTM D 4378” pada Selasa (3/5/2024).

Beliau mengatakan: Seminar ini merupakan langkah bersama untuk meninjau pemantauan kondisi oli turbin berdasarkan ASTM D 4378 serta memberikan ilmu dan wawasan yang berguna bagi operator turbin, laboratorium dan spesialis.

“Pada saat yang sama, pelaku industri atau manufaktur yang menggunakan mesin turbin sebagai pembangkit listrik akan menjadi sasaran,” ujarnya.

Ariana juga menjelaskan, turbin berperan penting dalam produksi listrik karena mengubah energi fluida hasil pembakaran bahan bakar menjadi energi mekanik untuk menggerakkan generator listrik.

Seminar “Pemantauan kondisi oli turbin” meliputi prosedur perawatan dan pemantauan mesin turbin dimulai dari Profilaksis, profilaksis sampai reaktif.

Pemeliharaan preventif Hal ini dilakukan sedemikian rupa sehingga tidak timbul situasi yang memerlukan tindakan korektif, yang akan mengakibatkan kerugian lebih lanjut, baik dari segi biaya maupun terganggunya kinerja pabrik secara keseluruhan.

Salah satu tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan kemampuan Lemigas sebagai laboratorium pengujian pelumas lengkap termasuk minyak pelumas turbin baru dan bekas.oli bekasAriana menjelaskan.

Ariana juga menjelaskan bahwa teknik dapat digunakan untuk memantau kondisi dalam kategori pencegahan USG, termografiAnalisis minyak pelumas dan analisis getaran.

Lemigas menunjuk potensi penyimpanan karbon pada skala cekungan minyak dan gas
Kajian LEMIGAS: Kapasitas Penyimpanan Karbon RI Capai 572 Gt
Kementerian ESDM akan menggelar rapat bulan K3 subsektor migas di LEMIGAS.

Analisis minyak pelumas turbin mengacu pada spesifikasi SNI 7069-14:2019 yang berfokus pada sifat viskositas, ketahanan oksidasi, pencegahan karat, kemampuan pelepasan udara terperangkap, dan kandungan komposisi asam.

Dengan terpantaunya kondisi minyak pelumas turbin tentunya akan menunjang dan membantu kegiatan perekonomian terkait proses produksi di sektor industri dan otomotif, kata Ariana.

Koresponden: Klik Devanto
Redaktur: Indra Aref Paribadi
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *