Legenda sepak bola nasional ingin PSSI selektif dalam melakukan naturalisasi pemain

Medan (JurnalPagi) – Legenda sepak bola nasional Perry Sandria meminta PSSI sangat selektif dalam merekrut pemain untuk meningkatkan kualitas timnas Indonesia.

“Jangan asal pilih pemain nasional. Kalau tidak selektif, bisa jadi masalah pelatih juga,” kata Perry saat dihubungi dari Madan, Minggu.

Menurut penyerang timnas Indonesia peraih medali emas SEA Games 1991 itu, pemain alami idealnya memiliki kemampuan lebih tinggi dibandingkan pemain lokal.

Perry melanjutkan, dengan cara ini timnas Indonesia bisa bersaing di tingkat internasional.

Namun, pria berusia 54 tahun itu menilai program naturalisasi belum berjalan maksimal.

Ia mengatakan hal itu terlihat dari performa timnas Indonesia pada Piala Asia 2023 di Qatar yang mana tim Garuda memboyong delapan pemain nasional.

Kewarganegaraan di Diaspora Bukan Berarti Bunuh Pemain Lokal, Ditto Tekankan

Meski berhasil lolos ke babak 16 besar, Perry melihat Indonesia tidak tampil meyakinkan.

Pria yang pernah menjadi striker paling produktif sepanjang sejarah Liga Indonesia dalam satu musim dengan 34 gol pada 1994-95, sebelum disusul Silvano Kamwalios, mengatakan: “Saya tidak puas dengan performa timnas.” Di Liga 1 2017 (37 gol).

Sebenarnya, program kewarganegaraan PSSI dimulai pada tahun 1950, ketika seorang kiper asal Belanda bernama Arnold van der Wien menjadi warga negara Indonesia untuk membela timnas Indonesia.

Puluhan tahun kemudian, PSSI melanjutkan kebijakan tersebut. Nama-nama seperti Christian Gonzalez, Kim Geoffrey Kurniawan, Johnny Van Beukring, Stefano Lilipali, Greg Nukolo, Diego Michels, Alberto Goncalves, Sergio Van Dyck, Ilia Spasovic dan Ezra Valian menjadi bagian dari program ini.

Kemudian, ketika pelatih asal Korea Selatan Shin Tae-yong mengambil alih timnas mulai tahun 2020, PSSI kembali mencari pemain asing keturunan Indonesia untuk mendapatkan kewarganegaraan.

Pada kurun waktu tersebut, giliran wajah Jordi Amat, Sandy Walsh, Shayne Patinama, Ivar Jenner, Raphael Struik, Justin Hubner, dan J. Eades yang resmi mendapat status WNI.

Pada tahun 2024, PSSI berencana melakukan naturalisasi beberapa pemain lagi seperti Nathan Tjoe-A-On dan Ragnar Oratmangoen.

Eric Gelar Pertemuan dengan Calon Pemain Naturalisasi Tom Hay
Shane: Pemain butuh lebih banyak pengalaman untuk bersaing di level tinggi

Koresponden: Michael Sihan
Redaktur: Ervan Sohairondi
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *