jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juli 22, 2024

Sekitar 2,54 juta pengembang telah berkontribusi pada ekosistem HarmonyOS, dan lebih dari 1,500 aplikasi tersedia untuk digunakan.

Shenzhen (JurnalPagi) – Sistem operasi HarmonyOS milik raksasa teknologi Tiongkok Huawei, yang menyaingi iOS milik Apple dan Android milik Google, telah membangun ekosistem dinamis dengan lebih dari 900 juta perangkat, kata perusahaan itu pada Jumat (21/6).

CEO Huawei Yu Chengdong mengumumkan berita tersebut dalam pernyataan perusahaan pada hari Jumat di konferensi pengembang tahunan perusahaan di Kota Dongguan, Provinsi Guangdong, di Tiongkok selatan.

Yu mengatakan 2,54 juta pengembang telah berpartisipasi dalam membangun ekosistem HarmonyOS, dan lebih dari 1.500 aplikasi tersedia untuk digunakan.

Menggambarkan perkembangan HarmonyOS sebagai proses yang tidak dapat dihentikan, Yu berkata, “Ini adalah waktu yang tepat untuk bergabung dengan HarmonyOS.

HarmonyOS adalah sistem operasi sumber terbuka yang dirancang untuk berbagai perangkat dan skenario, termasuk layar pintar, tablet, perangkat yang dapat dikenakan, dan mobil. Sistem operasi ini pertama kali diluncurkan pada Agustus 2019.

HarmonyOS, yang telah berevolusi menjadi generasi keempat, telah mengubah lanskap bipolar sistem operasi seluler dan menghadirkan opsi baru yang kuat bagi dunia, kata Yu.

Gaya hidup pintar berbasis HarmonyOS akan dipamerkan pada acara peluncuran produk Huawei di Shenzhen, Provinsi Guangdong Tiongkok Selatan, pada 25 September 2023. (JurnalPagi/Xinhua/Liang Xu).

Sistem operasi yang dikembangkan China ini mencatatkan peningkatan penggunaan dan perkembangan ekosistem dalam beberapa tahun terakhir. Pada bulan Maret, jumlah perangkat yang dilengkapi sistem operasi HarmonyOS melebihi 800 juta

Sebuah laporan dari firma riset pasar Counterpoint Research yang diterbitkan pada bulan Mei menyebutkan bahwa pangsa pasar ponsel pintar yang menjalankan HarmonyOS di Tiongkok naik menjadi 17 persen pada kuartal pertama tahun 2024, mengungguli iOS Apple yang memiliki pangsa pasar sebesar 16 persen.

Pelaku industri mengatakan keunggulan utama HarmonyOS terletak pada kompatibilitas antar platform yang berbeda, termasuk smartphone dan perangkat pintar lainnya.

Zhang Ning, manajer lingkungan WPS Office, perangkat lunak yang mirip dengan Microsoft Office, mengatakan: “HarmonyOS menawarkan keunggulan multi-fungsi, memungkinkan aplikasi menjalani pengembangan agar kompatibel dengan platform berbeda, sehingga mengurangi biaya bagi pengembang.

Dalam konferensi tersebut, juga diumumkan bahwa HarmonyOS NEXT, yang dikembangkan secara independen dari arsitektur Android, diharapkan akan tersedia secara komersial pada kuartal keempat tahun 2024.

Koresponden: Xinhua
Redaktur: Indra Aref Paribadi
Hak Cipta © JurnalPagi 2024