Langkah perawatan kulit yang dibutuhkan pria untuk mencerahkan wajah dan mencegah rambut rontok

Jakarta

Penggunaan produk perawatan kulit yang ditujukan untuk perawatan kulit hanya ditujukan untuk wanita saja. Tapi, ternyata pria juga sangat membutuhkannya.

Endi Novianto, SpKK(K), FINSDV, FAADV, dokter spesialis kulit, kelamin, dan estetika menjelaskan, pria memiliki kulit yang cenderung berminyak sehingga perlu perawatan juga. Inilah langkah perawatan kulit yang patut diperhatikan pria.

1. Gunakan pembersih wajah

Yang terpenting adalah membersihkan wajah dengan pembersih wajah atau face wash.

Periklanan

Gulir untuk melanjutkan konten

“Jadi mencuci muka itu wajib. Dulu, laki-laki kadang hanya menggunakan air atau sabun untuk badan, yang sebenarnya sangat tidak nyaman karena sabun didesain berbeda untuk badan dan wajah. Untuk bagian wajah,” kata dr Andy saat ditemui di Jakarta. Selatan, Selasa (30/1/2024).

“Kalau laki-laki, sabun mukanya ada oil controlnya, maksudnya supaya tidak terlalu berminyak. Karena laki-laki tidak suka wajah berminyak,” lanjutnya.

2. Gunakan pelembab

Selain itu, penggunaan pelembap juga patut diperhatikan bagi pria yang banyak beraktivitas di ruangan ber-AC. Hal tersebut dapat membuat kulit menjadi lebih kering sehingga diperlukan produk yang dapat melembabkan.

Dr Andy juga menyarankan untuk memiliki pelembab yang sesuai dengan kondisi kulit Anda. Jika perlu, Anda juga bisa menggunakan perawatan lain seperti anti penuaan.

“Jika kulit Anda rentan kering seperti mengelupas, Anda bisa menggunakan pelembab. Namun jika kulit Anda berminyak dan berjerawat, gunakan saja pelembab yang ringan,” jelas dr Andy.

Katanya: Kalau mau pakai metode pengobatan lain, misalnya pakai anti-aging, pakai lagi yang bisa mengontrol minyak, atau mau pakai serum sesuai kebutuhan juga bisa.

3. Jangan lupakan tabir surya

Sama seperti wanita, tabir surya juga sangat penting bagi pria. Apalagi bagi mereka yang banyak melakukan aktivitas di luar ruangan.

Namun, dr Andy mengingatkan kita untuk memakai tabir surya berbentuk gel agar lebih aman. Lebih cocok untuk orang yang memiliki kulit berminyak.

“Tuan-tuan punya kulit yang lebih berminyak, tentu saja tabir surya atau apapun yang dipakainya tidak boleh berminyak. Jadi pilihlah tabir surya berbentuk gel karena lebih mudah,” jelasnya.

SPF tergantung pada kebutuhan Anda, jika Anda lebih banyak menghabiskan waktu di luar ruangan, sebaiknya gunakan SPF yang lebih tinggi.

Menonton video”Mitos atau fakta: Retinol menipiskan kulit
[Gambas:Video 20detik]
(Sao/Kena)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *