jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juli 25, 2024

JAKARTA (JurnalPagi) – Lamina Yamal akan memecahkan rekor menjadi pemain termuda yang tampil di Piala Eropa ketika pemain berusia 16 tahun itu masuk dalam starting lineup timnas Spanyol yang dipilih oleh pelatih kepala Luis de la Fuente. Dia akan menghadapi Kroasia di Grup B pada hari Sabtu.

Winger Barcelona itu saat ini berusia 16 tahun 338 hari. Ia akan melampaui rekor Kacper Kozlowski dari Polandia di Euro 2020 saat berusia 17 tahun 246 hari.

Yamal bukan hanya pemain termuda yang pernah tampil di pertandingan Piala Eropa, tapi juga pemain termuda yang bermain di final Piala Eropa.

Pemain muda ini telah menjadi wajah yang menjanjikan La Rojasetelah bersinar tahun lalu bersama Barcelona.

De la Fuente memberi kesempatan kepada Yamal untuk menjalani debut bersama timnas Spanyol pada September lalu. Saat itu, ia mencetak rekor pemain termuda Spanyol dan pencetak gol termuda Spanyol melawan Georgia di kualifikasi Piala Eropa 2024.

Atas penampilannya di laga melawan Kroasia, Yamal mencoret Jamal Musyala dari daftar lima pemain muda sepanjang masa yang mengikuti Piala Eropa.

Jika Yamal mencetak gol di Piala Eropa 2024, ia akan memecahkan rekor pencetak gol termuda di ajang besar tersebut, memecahkan rekor yang dipegang pemain Swiss Johann von Lanten, yang dibuat saat melawan Prancis pada tahun 2004.

Yamal lahir di Barcelona dari ibu dari Guinea Ekuatorial dan ayah dari Maroko. Sejauh ini, ia sudah memainkan 5 pertandingan untuk timnas Spanyol dengan total dua gol.

Alvaro Morata Bangga Menjadi Kapten Timnas Spanyol di Euro 2024
Spanyol vs Kroasia: Adu Kesabaran dan Penguasaan Bola
Fans Spanyol Yakin La Furia Roja Kalahkan Kroasia

Koresponden: Rauf Ender Adipati
Redaktur: Junidi Soswanto
Hak Cipta © JurnalPagi 2024