jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 25, 2024

Jakarta (JurnalPagi) – Moda kereta api cepat Metro Doha berperan penting dalam penyelenggaraan Piala Dunia Qatar 2022 karena menjadi sarana akses utama bagi suporter untuk melakukan aktivitas “laytadion”.

Secara resmi menjalankan tiga jalur sejak Mei 2019, Metro Doha akan menghubungkan para penggemar ke delapan stadion untuk Piala Dunia 2022, empat di antaranya berada dalam jarak berjalan kaki dari stasiun metro terdekat.

Kelima stadion tersebut adalah: Stadion Ahmed Bin Ali, Stadion Shahr Utaz, Stadion Internasional Khalifa, Stadion 974 dan Stadion Lucille.

Stadion Ahmed Bin Ali terletak di depan Mall of Qatar, sehingga para penggemar dapat langsung menggunakan metro Jalur Hijau dan turun di halte terakhir di sebelah barat stasiun Mall of Qatar. Dari situ, suporter hanya perlu berjalan kaki minimal 15 menit sebelum mencapai gerbang Stadion Ahmed Bin Ali.

Stadion Kota Pendidikan juga berada di jalur hijau dan tepat satu perhentian sebelum Stadion Ahmed Ben Ali. Fans hanya perlu turun di Education Station untuk mencapai kompleks yang dibangun atas prakarsa ibunda Emir Qatar, Sheikh Tamim bin Hamad al-Thani, Sheikh Moza binti Nasser Al-Musnad.

Sedangkan Khalifa International Stadium terletak di Golden Line dan fans bisa turun di stasiun metro Sport City kemudian hanya perlu berjalan kaki sekitar 15 menit menuju gerbang stadion.

Sedangkan Stadium 974 terletak di ujung timur Gold Line dan berjarak sekitar 30 menit berjalan kaki dari pemberhentian terakhir, Ras Bouboud.

Hal yang luar biasa tentang stadion ini adalah menjadi stadion sementara pertama dan satu-satunya dalam sejarah panjang Piala Dunia. Stadion 974 akan dibongkar setelah selesainya seluruh rangkaian Piala Dunia 2022.

Dilaporkan juga bahwa Qatar telah mengadakan pembicaraan dengan pemerintah Uruguay untuk mengirimkan kontainer untuk bekas stadion 974. Jika Uruguay memenangkan tawaran tuan rumah, kontainer ini akan dibangun di Maldonado sebagai salah satu stadion Piala Dunia 2030.

974 Stadium, Cerminan Semangat Keberlanjutan Qatar untuk Piala Dunia 2022

Untuk Stadion Lusail, sementara itu, berada di ujung utara Metro Jalur Merah, di mana para penggemar turun di stasiun QNB Lusail dan berjalan setidaknya 20 menit ke gerbang stadion.

Meski tidak terhubung langsung, suporter juga bisa menjangkau tiga stadion Piala Dunia 2022 lainnya melalui stasiun metro.

Stasiun QNB Lusail juga merupakan titik transfer bagi para penggemar yang pergi ke Stadion Al Beit di Al Khor, yang memakan waktu setidaknya 30 menit lagi dengan bus antar-jemput.

Terminal selatan jalur merah, Al Wakra, kemudian menjadi halte bus bagi para suporter yang ingin menuju Stadion Al-Janoob.

Sedangkan dua stasiun sebelumnya, yakni Azad Zone, menjadi titik jemputan suporter menuju Stadion Al-Thoma.

Selain stadion, ketiga jalur metro tersebut juga akan menghubungkan suporter ke titik-titik penting lainnya selama Piala Dunia 2022, seperti area FIFA Fan Festival yang terletak tepat di luar stasiun Cornish di jalur merah atau bahkan metro khusus di jalur merah di bandara internasional Hamad berhenti.

Qatar Larang Penjualan Bir di Stadion Piala Dunia dan Sekitarnya

Selanjutnya: Melampaui Piala Dunia