jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 16, 2024

Jakarta (JurnalPagi) – Kroasia melaju ke babak semifinal Piala Dunia 2022 setelah menyingkirkan Brasil 4-2 melalui adu penalti setelah bermain imbang 1-1 setelah 120 menit di babak perempat final di Stadion Education City. Ar Rayyan, Qatar, Sabtu dini hari WIB.

Menurut statistik FIFA, dalam 120 menit waktu reguler hingga perpanjangan waktu, Brasil memimpin dengan gol Neymar dan Kroasia menyamakan kedudukan dengan gol Bruno Petkovic.

Berkat kemenangan tersebut, Kroasia memastikan keikutsertaannya di babak semifinal Piala Dunia 2022 dan akan berhadapan dengan pemenang laga perempat final antara Belanda dan Argentina.

Di babak pertama, Brasil memberikan ancaman lebih dulu lewat Vinicius Junior, namun tembakan penyerang Brasil itu masih terlalu lemah untuk diselamatkan kiper Dominik Livakovic.

Di fase selanjutnya, giliran Kroasia yang mulai mengancam lewat umpan Mario Pasalic ke kotak penalti Brasil, namun Ivan Prisic tak mampu memblok bola sepenuhnya untuk diselamatkan Eder Militao.

Brasil yang terkejut mencoba mengancam gawang Kroasia dengan sepakan Neymar, namun bola kembali diblok oleh Livakovic.

Brasil Menang, Neymar Cedera

Di penghujung babak pertama, Brasil terus mengancam gawang Kroasia, kali ini melalui tendangan bebas Neymar, namun bola membentur mistar gawang pemain dan masuk ke pelukan Livakovic.

Di babak kedua, Selecao mengambil inisiatif dan dalam 10 menit pertama, Brasil memiliki tiga peluang, namun tak satupun menghasilkan gol.

Brasil terus mendominasi permainan, lini depan Tite terus menggempur pertahanan Kroasia, namun Livakovic masih mampu menahan gempuran tersebut.

4 menit menjelang akhir babak kedua, Militao melepaskan tembakan ke gawang Kroasia, namun bola melewati gawang Livakovic. Skor 0-0 di waktu normal.

Pelatih kepala Kroasia menyebut tim Brasil menakutkan di Piala Dunia 2022

Selanjutnya: perpanjangan waktu

Pengkhotbah: Eldi Sultan