jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juli 24, 2024

Hari ini kami mulai melaksanakan pendistribusian logistik tahap pertama di luar kotak suara melalui PPK.

Tangerang (JurnalPagi) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tangerang, Banten mulai mendistribusikan bantuan untuk Pemilihan Umum (Pemilo) 2024 ke beberapa kecamatan terluar di kabupaten tersebut.

“Hari ini kami mulai mendistribusikan bantuan tahap pertama di luar TPS melalui PPK,” kata Ketua Pemerintah Daerah Kota Tangerang Mohammad Omar di Tangerang, Selasa.

Umar menjelaskan, tahap pertama adalah pendistribusian perlengkapan pemilu untuk kebutuhan di luar kotak suara, antara lain TPS, alat periklanan (APK), daftar pasangan calon, daftar pemilih tetap, dan lain-lain.

“Sekaligus kami mendistribusikan perbekalan di luar kotak suara, seperti TPS dan APK,” ujarnya.

Dikatakan pula, saat ini pendistribusian logistik dilakukan terlebih dahulu hingga wilayah terjauh seperti Teluknaga, Pakhohaji, Sepatan Timur dan Kosambi.

Untuk wilayah lain yang tergabung dalam Kabupaten Tangsel antara lain Kemari, Rajag, Mauk, Sukadiri, Pakhohaji, Mekar Baru, Krunjo, Pasar Kamis, dan Sindang Jaya akan dilakukan secara bertahap.

Pasalnya, kondisi topografi di beberapa kecamatan dinilai terlalu jauh dari jangkauan distribusi perlengkapan pemilu.

Ia mengatakan, “Oleh karena itu, kami memprioritaskan tahap penyaluran di 3 daerah pemilihan seperti Teluknaga, Kosambi, dan Sepatan.

Dalam pendistribusian logistik tersebut, KPU Kabupaten Tangerang melibatkan unsur TNI/Polri dan Pemerintah Daerah (Pemda) untuk membantu operasi pengamanan.

Selain itu, KPU juga telah mengidentifikasi dan melakukan pemetaan TPS yang rawan bencana terutama pada musim hujan, menurut Umar.

Ia mengatakan: “Kami telah berkoordinasi dengan seluruh lembaga terkait untuk mendukung kelancaran distribusi persiapan pemilu.

KPU: Pendistribusian materi pemilu ke luar negeri masih “on track”.
Perbekalan Pemilu di Pangkep Siap Didistribusikan ke Luar Negeri

Sebanyak 18 partai politik nasional akan mengikuti pemilu 2024, yakni (berdasarkan nomor urut) Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Jirendra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia.

Tahap selanjutnya adalah Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanora, Partai Garuda, Partai Nasional (PAN) yang berkuasa, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat. Partai, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Parindo, Kemitraan Pembangunan (PPP) dan Partai Ummat.

Selain itu, enam partai politik lokal juga akan mengikuti pemilu 2024, yakni Partai Nengro Aceh, Partai Atiyeh Busabuh Saat dan Partai Nasl Taqwa, Partai Dar Al Aceh, Partai Aceh, Partai Adel Marfa Aceh, dan Partai Solidaritas Independen Rakyat Aceh.

Pemungutan suara pemilu legislatif, termasuk pemilu DPD RI, akan dilaksanakan bersamaan dengan pemilu presiden dan wakil presiden tahun 2024 pada 14 Februari 2024.

Koresponden: Azmi Siamsoul Ma’arif
Editor : D.Dj. Clevantoro
Hak Cipta © JurnalPagi 2024