jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juli 22, 2024

Ponorogo, Jawa Timur (JurnalPagi) – KPU Ponorogo, Jawa Timur, mencatat ada 2.576 pemilih lagi yang memberikan suaranya pada hari pemungutan suara pemilu 2024 yang akan digelar pada 14 Februari.

“Ini data resmi yang kami catat berdasarkan DPTb (Daftar Pemilih Tambahan) yang diterima pada akhir program pendaftaran perpindahan suara pada Senin (15/1) pukul 23.59 WIB,” kata Komisioner KPU Punorugo Ali. Mahfoods di Ponorogo, Rabu.

Selain DPTb yang masuk, KPU Ponorogo juga menemukan 2.985 pemilih yang sudah masuk DPT Pemilu 2024 di Kabupaten Ponorogo telah mengajukan permohonan keluar kabupaten.

Ali mengatakan mayoritas DPTB yang masuk ke Punorugo adalah pelajar. Sedangkan DPTbs yang keluar dari Punorugo rata-rata merupakan pekerja dari luar daerah, namun juga pelajar yang pernah belajar ke luar negeri.

Mahasiswa perantau mendominasi lebih banyak pemilih di Kota Yogyakarta

Data Tambahan Daftar Pemilih Luar Negeri PPLN Budapest

“Mereka banyak yang di luar pulau, ada pula yang ke luar negeri karena bersekolah di sana,” ujarnya.

Jika DPTB keluar pulau, otomatis mereka hanya menerima surat suara presiden saja. Sedangkan mereka yang masih berada di daerah pemilihan DPRD, baik daerah maupun provinsi, tetap menerima dana penuh.

“Misalnya Anda punya daerah pemilihan kabupaten yang berbeda, tapi masih daerah pemilihan provinsi, berarti Anda bisa menerima surat suara dari DPRD provinsi, DPR RI, DPD, atau Pilpres. Kalau di luar Anda dari pulau, hanya bisa mencapai pemilihan presiden.”

Lebih lanjut Ali mengatakan, jumlah tersebut masih bersifat sementara. Pasalnya, menjelang penutupan, server DPTb Sidalieh (sistem informasi pemilih) sedang down. Jadi data program DPTb tidak terupload semua.

Beliau mengatakan: “Jadi sehubungan dengan DPTb Ponorogo, pelayanannya sudah kami optimalkan semaksimal mungkin dan kerjasama dengan instansi tersebut telah kami lakukan beberapa waktu lalu.*

KPU Bogor Mulai Penambahan Data Daftar Pemilih

KPU DKI Evaluasi Daftar Pemilih Tambahan untuk Tingkatkan Pelayanan

Koresponden : Destyan H. Sujarwoko
Editor: Arafozon Saptiolda A
Hak Cipta © JurnalPagi 2024