KPU Penajam: Sirkap tingkatkan kepercayaan masyarakat pada pemilu 2024

pelintas kelima Uttara (JurnalPagi) –

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Panjam Pasar Utara, Provinsi Kalimantan Timur mengumumkan Program Sistem Informasi Rangkuman (Sirekap) dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap penyelenggaraan pemilu 2024.

Badan sementara tersebut antara lain Panitia Pemungutan Suara (PPS), Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang berfungsi membantu KPU setempat di tingkat kecamatan, desa, dan kabupaten.

Kinerja aplikasi Sirekap pada Pemilu 2024 mencakup sejumlah aspek penting, mulai dari pembacaan dan pencatatan data terkait hasil penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS), hingga rilis hasil suara secara bertahap.

Oleh karena itu, perlu bagi petugas lembaga kasus untuk mengetahui langkah pasti penggunaan aplikasi Sircap, menurutnya, mulai dari menginstal aplikasi Sircap hingga memasuki layanan online atau on line (Memasuki) menggunakan akun terdaftar.

Kemudian proses penghitungan dan verifikasi suara menggunakan teknologi osebuah cahaya Pengenalan karakter (OCR) atau Tanda-tanda optik Rpengartian (OMR).

“Model formulir C1 halLano Dijelaskannya, catatan hasil penghitungan suara difoto dan diunggah di aplikasi Sirkop.

KPU Kabupaten Penajam Paser Utara memperkenalkan dan memaparkan aplikasi Sirekap yang dikemas dalam simulasi peningkatan dan penghitungan suara Pemilu 2024.

Dalam simulasi pemungutan dan penghitungan suara ini tidak digunakan surat suara asli, melainkan surat suara yang diberi nama dan gambar buah-buahan.

“Kami juga kedatangan 279 warga yang berperan sebagai pemilih dalam simulasi tersebut dan juga memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang tata cara memilih,” ujarnya.

Koresponden: Bagus Purvaniyavan Rahat
Editor: Tafsir al-Tirmidzi
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *