jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juli 24, 2024

BOGOR CITY (JurnalPagi) – Komisi Pemilihan Umum Kota Bogor, Jawa Barat membagikan perpanjangan pendaftaran calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) hingga 30 Desember 2022.

Perpanjangan ini dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat umum untuk mendaftar menjadi penyelenggara Pilkada 2024 di tingkat kabupaten/desa.

Menurut Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor, Samsudin, saat dikonfirmasi di Kota Bogor, Senin, pihaknya telah memperpanjang masa pendaftaran PPS melalui media sosial atau tatap muka.

“Kami terus sosialisasikan agar masyarakat bisa segera mendaftar. Partisipasi masyarakat sebagai PPS tentunya penting dalam pemilu 2024 ini,” ujarnya.

Dia mencatat: Itu adalah sosialisasi

Dilakukan pada Sabtu (24/12) bagi pemilih perempuan yang tergabung dalam Persatuan Organisasi Perempuan (POW) di Kabupaten Baranangsiang.

KPU Bogor Sediakan Dua TPS di Lapas

KPU Bogor ajak mahasiswa pantau pelaksanaan pemilu

Perpanjangan ini dilakukan di seluruh Indonesia menyusul keluarnya Keputusan KPU RI Nomor 534 Tahun 2022 yang memperpanjang pendaftaran hingga 30 Desember 2022. Pendaftaran PPS dilakukan secara online (on line) melalui aplikasi Siakba.

“Dengan mendaftar melalui”on lineKPU memberikan kesempatan terbuka dan setara kepada semua pihak yang memenuhi syarat pendaftaran dan berkesempatan menjadi PPS, kata Samsudin.

Dengan proses seleksi yang terbuka dan profesional, Samsudin berharap akan terpilih anggota PPS terbaik di setiap kabupaten untuk mensukseskan Pilkada 2024.

Hingga Sabtu (24/12), jumlah pendaftar sudah melebihi 650 orang dari 68 kelurahan di Kota Bogor, kata Dian A. Yamin, anggota departemen sumber daya manusia dan Parmas, anggota KPU Kota Bogor.

Setelah proses pendaftaran ditutup, pendaftar yang berhasil lolos seleksi administrasi akan mengikuti serangkaian tes yang dimulai dengan Computer Based Writing Test (CAT), jelas Dian.Tes dengan bantuan komputer) pada tanggal 6-11 Januari 2023.

Sedangkan tes wawancara akan dilaksanakan pada 15-17 Januari 2023, akan dipilih tiga orang PPS di setiap desa. Secara keseluruhan, KPU Kota Bogor akan menetapkan 204 orang sebagai PPS di 68 kelurahan.
.

Koresponden: Lina Suzanti
Editor: Seri Moriono