jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juli 24, 2024

Kami akan berusaha memberikan suasana sebenarnya selama masa pemungutan suara

JAKARTA (JurnalPagi) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta melakukan simulasi pelayanan terhadap penyandang disabilitas di Tempat Pemungutan Suara Khusus (TPS) yang meliputi pelaksanaan pemungutan suara hingga penghitungan suara.

Ketua KPU Kota Jakarta Pusat Efenyadiansiah mengatakan, “Hari ini kami melakukan simulasi pemungutan suara atau simulasi pemilihan KPPS (KPPS) terhadap peserta terpilih. Simulasi ini berguna karena kami mencoba mensimulasikan suasana sebenarnya selama masa pemungutan suara.” Di Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Tanah Abang, Rabu.

Simulasi pemungutan dan penghitungan suara digelar di halaman Gedung Wali Kota Jakarta Pusat di Tana Abang.

Anggota KPPS yang melakukan simulasi tampak mengenakan pakaian adat seperti pada hari pemungutan suara 14 Februari lalu.

Simulasi tersebut tidak hanya dihadiri Wali Kota Jakarta Pusat Dani Sukma, namun juga Kapolres Metro Jakarta Pusat Kompol Susatyo Purnomo Condro dan Dandim 0501/JP Inf Letkol Bangun IE Siregar.

Kehadiran para pejabat tersebut diharapkan dapat memberikan gambaran dan informasi yang jelas mengenai pembagian tugas dan wewenang masing-masing lembaga.

Dalam simulasi ini, KPU Pusat Jakarta juga berupaya memberikan fasilitas dan layanan bagi peserta penyandang disabilitas, termasuk pemungutan suara bagi penyandang tunanetra.

“Karena banyak masyarakat tunanetra, makanya hari ini kami hadirkan agar kami tahu dan mereka bisa melakukan apa yang kami fasilitasi, termasuk surat suara yang tertulis di sana,” kata Afeni.

Pusat Jakarta Pusat menggunakan 125 surat suara dalam simulasi, sedangkan pada hari pemungutan suara disiapkan sekitar 300 surat suara untuk setiap TPS atau disesuaikan dengan jumlah DPT yang terdaftar. Surat suara cadangan juga diberikan dengan tarif 2% dari total DPT.

KPU DKI Maksimalkan Pelayanan Transfer Hari Ini Hingga Pukul 23.59 WIB
H-30 pemungutan, pemilahan, dan pelipatan surat suara mencapai 62,55 persen.
Penyortiran surat suara hampir selesai, KPU DKI belum ada rencana menambah pekerja

Koresponden: Mentari Dwi Gayati
Redaktur: Gant Dirgantara
Hak Cipta © JurnalPagi 2024