KPU Bawaslu Makasar belum menerima surat kampanye PSI-Ganjar

Kami belum menerima surat dari KPU Kota Makassar. Juga, kami baru-baru ini menerima ini dari teman-teman media.

Makassar (JurnalPagi) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersama Badan Pengawas Pemilu (BAWASLO) Kota Makassar, Sulawesi Selatan belum menerima surat pemberitahuan terkait kegiatan kampanye yang dilakukan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) maupun Pilpres. kampanye. Kandidat #3 Ganjar Pranowo di Makassar, Sulawesi Selatan.

Anggota KPU Kota Makassar Muhammad Abdi Gunsingh saat dikonfirmasi kepada wartawan mengatakan, “Kami belum menerima surat dari KPU Kota Makassar. Kami juga baru mengetahuinya dari teman-teman media. Sejauh ini salinan surat pemberitahuannya belum kami terima.” .

Menurutnya, setiap diadakan rapat umum atau kampanye besar, harus diserahkan kepada penyelenggara dan pemantau pemilu sesuai dengan KPU atau Peraturan Nomor 15 Tahun 2023 tentang Kampanye Pemilu 2024.

Saat ditanya lokasi pelaksanaan Sidang Umum sesuai Surat Keputusan (SK) KPU Makassar, ada tiga lokasi kampanye akbar yakni Lapangan Karebosi, Lapangan Emmy Saelan Hertasning, dan Bumi Permata Hijau (BTP), sedangkan kondisi di lapangan lapangan diubah dan diadakan di stadion (GOR), kemudian dikatakan tidak pantas.

“Sampai saat ini kami belum menerima surat tanggapan dari pemerintah kota terkait penggantian Alun-Alun Karboosi yang sedang direnovasi sebagai tempat berlangsungnya markas Majelis Umum.
Untuk aksi unjuk rasa promosi, hanya ini yang diperbolehkan oleh pemerintah kota. Berdasarkan surat walikota, kami pun mengeluarkan keputusan. Abdi mengatakan, “Dalam konteks ini (kampanye PSI dan calon presiden Ganjar), kami belum menerima pemberitahuan atau salinan surat tersebut.

Hal serupa juga disampaikan Ketua Bawaslu Makassar Dede Arwinsiah dan juga belum menerima surat soal pelaksanaan kampanye rapat umum. Padahal kampanye PSI di GOR Sodiang telah berakhir siang tadi menjelang jadwal rapat umum calon presiden Ganjar Pranu di gedung Upperhills Makassar pada 30 Januari 2024.

“Sampai saat ini kami belum menerima salinan atau salinan surat tersebut. Kami belum menerima program informasi kampanye dari PSI, maupun program kampanye calon presiden Ganjar di Makassar Farda. Tentu saja, jika ada tuduhan, kami akan mengusut pelanggarannya,” tegasnya.

Namun, kata dia, meski surat pemberitahuan belum diterima dan kampanye sudah mencakup daerah atau provinsi, namun aktivitas politiknya ada di provinsi Bavaslu. Sementara untuk kampanye PSI di GOR Sudiang, Kecamatan Biringkanaya, pihak masih mendalami pengelolaannya.

Odin Saputra Malik, Ketua Tim Pemenangan Daerah (TPD) Capres dan Cawapres Nomor Urut 3 Ganjar-Mahfud yang dikonfirmasi terpisah mengatakan, salinan surat pemberitahuan terkait rencana kampanye Ganjar Pranu ke KPU Sulawesi Selatan telah telah terkirim. . “Itu saja,” pria yang dikenal sebagai Dr. Odin berkata dengan singkat.

Sesuai PKPU Nomor 15 Tahun 2023 tentang Kampanye, disebutkan dalam Pasal 47 Ayat 1 Pasal 47, petugas markas pemilihan di majelis umum wajib menyampaikan pemberitahuan tertulis kepada polisi sesuai dengan tingkatannya.

Catatan 2: Jika rapat umum diadakan di lebih dari satu kota dalam satu provinsi, petugas kantor pusat pemilihan akan memberikan teguran tertulis kepada aparat kepolisian. Ayat (3) Salinan pemberitahuan tertulis Rapat Umum sebagaimana dimaksud pada ayat (1) disampaikan pula kepada KPU kabupaten provinsi dan/atau kota dan Bavaslu, Bavaslu provinsi, dan/atau kabupaten kota sesuai dengan tingkatannya. .

Angka 4, Pemberitahuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) memuat informasi mengenai hari, tanggal, waktu, tempat kegiatan, nama pembicara, topik materi kampanye, pelaksanaan kampanye atau tim, perkiraan jumlah peserta, motor kendaraan. dan bertanggung jawab

Koresponden: M Darvin Fater
Redaktur: Agus Setivan
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *