jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juli 25, 2024

Prinsipnya, kita akan menjaga kepentingan nasional dan menjaga persaingan dagang yang baik

JAKARTA (JurnalPagi) – Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) M Fanshurullah Asa menyatakan pihaknya akan bekerja sama dengan seluruh pihak terkait dalam pengawasan persaingan usaha di sektor ekonomi digital.

“Semua Pemegang saham Terkait, Kami Akan Bekerja Sama, Sinergi, Penta Helix. akademisi, bisnis, Pemerintah, masyarakat sipilTermasuk rekan-rekan media, kata Fanesorullah usai dilantik bersama delapan anggota KPPU lainnya oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Kamis.

Dikatakannya, secara kelembagaan, KPPU akan bekerja sama dengan kementerian dan lembaga lain seperti Kementerian Komunikasi dan Informatika, Departemen Jasa Keuangan, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Perdagangan, dan lembaga lainnya dalam memantau ekonomi digital.

Ia juga mengatakan KPPU mendukung UU Pasar Digital. Ia menegaskan, regulasi apapun harus bersifat jangka panjang dengan mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi dalam 25 tahun ke depan.

Kita tidak boleh membuat peraturan yang bersifat sesaat. Namun, hal tersebut harus bersifat jangka panjang selama 25 tahun ke depan. Dengan hukum pasar digital, kita bisa memprediksi apa yang akan terjadi dalam 5, 10, 25 tahun ke depan. tahun,” katanya.

Ia juga menegaskan, dalam mewujudkan persaingan komersial yang sehat, siapapun pelakunya hendaknya mewujudkan efisiensi dan persaingan yang sehat, termasuk di pasar digital.

Dikatakannya, selama ini KPPU telah melakukan pengawasan di sektor ekonomi digital, misalnya pada pinjaman online yang menawarkan bunga tidak masuk akal, serta trading in. perdagangan elektronik.

“Pada prinsipnya kita akan melindungi kepentingan nasional, persaingan usaha akan kita jaga dengan baik. Aspek harga harus dijaga, (termasuk) merger dan akuisisi harus dilindungi agar tidak dilaporkan ke KPPU, karena dendanya luar biasa.” .

Dia meminta para pelaku usaha bersaing secara sehat dan tidak memonopoli sektornya masing-masing.

Presiden Jokowi Lantik Anggota KPPU di Gedung Negara
KPPU mencatat merger dan akuisisi akan melambat pada 2023
KPPU akan memutus 105 perkara persaingan dagang pada 2018 hingga 2023.

Reporter: Rangga Pandu Asmara Jeruk, Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Klik Devanto
Hak Cipta © JurnalPagi 2024