KPI menyambut baik pelaksanaan ASO tahap kedua pada 2 Desember mendatang

Jakarta (JurnalPagi) – Komisioner Komisi Penyiaran Pusat Indonesia (KPI) Mohammad Reza menyambut baik pelaksanaan analog switch off (ASO) tahap kedua pada 2 Desember 2022.

“Saya harap tidak ada lagi penundaan untuk 2 Desember,” kata Reza Charanbash dalam panggilan kepada JurnalPagi.

Diketahui, pemerintah dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informatika berencana menerapkan ASO tahap kedua pada 2 Desember 2022.

Tanggal tersebut ditetapkan setelah mempertimbangkan usulan penyelenggara MUX (multiplexing) dan jaringan utama TV non-multiplex dalam rapat koordinasi penyelenggaraan siaran digital dan akses STB, Selasa (29/11).

Kemenkominfo tekankan TV digital gratis untuk semua kalangan

Reza mengatakan: “Kemarin telah diadakan rapat koordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan, termasuk indikator kinerja pusat dan daerah, dan menurut pendapat penyelenggara TV swasta MUX dan non-MUX, Kementerian Komunikasi dan Informatika akan mengirimkan tanggal 2 Desember untuk yang kedua. fase.”

Daerah yang akan melaksanakan ASO tahap kedua antara lain kota Bandung, Yogyakarta, Sulu, Semarang, dan Batam.

Reza mengatakan, berdasarkan data yang disampaikan dalam rapat tersebut, untuk wilayah Bandung, Yogyakarta, dan Sulu, penyaluran bantuan set top box (STB) saat ini sudah mencapai 98 persen.

Sedangkan bantuan STB di Batam dan Semarang sudah mencapai 100 persen. “Jadi ini harus dilakukan oleh ASO,” katanya.

Reza menilai pelaksanaan ASO harus dilakukan secara bertahap karena terkendala dalam penyaluran bantuan STB.

Untuk itu, pihaknya mengingatkan kepada penyelenggara MUX agar memperhatikan dan segera memenuhi komitmennya untuk membagikan STB gratis kepada penerima manfaat.

Selain itu, Reza mendorong Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk bertindak lebih tegas terhadap penyelenggara MUX agar memenuhi komitmen tersebut.

Kami mendesak Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk menuntut kuat agar komitmen ini segera dilaksanakan agar ASO dapat segera diterapkan di semua layanan penyiaran. Kami juga menginformasikan kepada Gabel tentang ketersediaan STB di pasar dengan harga yang wajar.

ASO Tuntaskan Fase Transformasi Digital Nasional

ASO Dibutuhkan untuk Memperluas Jangkauan Internet

Kemkominfo Ungkap Manfaat Besar ASO Bagi Banyak Pihak

Koresponden: Fetor Rochman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *