KP: Pemilihan ketua PSSI tidak disepakati dan tanpa pembahasan

Jakarta (JurnalPagi) – Ketua Panitia Pemilihan (KP) PSSI Amir Burhanuddin mengatakan pemilihan Ketua Umum PSSI 2023-2027 pada Kongres Luar Biasa 16 Februari 2023 tidak akan disepakati dengan Wakil Ketua dan tidak akan ada perdebatan di antara keduanya. Kandidat.

“Seperti sebelumnya, pemilihan akan dilakukan secara terpisah. Jadi nanti presiden sendiri, wakil presiden sendiri dan anggota Exco (Pelaksana Tugas-Administrasi) juga sama,” kata Amir usai Kongres Biasa PSSI 2023 di Jakarta. , Minggu (15/1).

Terkait perdebatan tersebut, pria yang cuti dari jabatannya sebagai wakil ketua Persatuan PSSI Provinsi Jawa Timur itu mengatakan, calon ketua umum PSSI 2023-2027 tidak akan satu panggung pada masa kampanye pra pemilihan. Kongres Luar Biasa pada 16 Februari 2023.

Nantinya, setiap orang akan memiliki kesempatan untuk menjelaskan visi dan misi mereka kepada pemilih.

Setelah ditetapkan sebagai calon tetap, calon memiliki kesempatan untuk bertemu dengan “pemilih” dan menyampaikan pandangannya. A’ pada pukul 13:00 – 14:00 WIB, kemudian ‘B’ setelahnya. Kami menghindari diskusi.”

Eric Tohir Daftar Kandidat Presiden PSSI yang Mungkin untuk Meningkatkan Sepak Bola
La Nyalla siap bersaing, termasuk dengan Erick Thohir untuk Ketum PSSI

Proses pemilihan Ketua Umum, Wakil Presiden, dan anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI periode 2027-2023 saat ini sedang dalam tahap pendaftaran bakal calon potensial.

Sebagai salah satu syarat, bakal calon wajib menyerahkan deklarasi dukungan calon Pengurus Besar PSSI 2023-2027, formulir pengesahan dan surat pernyataan, serta kriteria wajib calon Pengurus Besar PSSI 2023-2027 dan surat pernyataan integritas bagi 220 calon. . – Nominasi Komite Eksekutif PSSI 2027 PSSI paling lambat Senin, 16 Januari 2023, 18:00 WIB.

Menurut Amir, setelah batas waktu tersebut, KP akan mengumpulkan nama-nama pelamar dan mengumumkannya sebagai “calon sementara” atau “kandidat potensial” paling lambat keesokan harinya.

Kemudian, KP akan kembali mengkomunikasikan persyaratan administrasi bakal calon. Jika tidak berhasil, bakal calon diberi kesempatan untuk mengajukan banding dengan fasilitasi Panitia Banding Pemilu.

“Setelah itu, jika permohonan berhasil, nama calon KBP akan dikembalikan ke KP selanjutnya yang akan menentukan calon tetap,” kata Amir.

Khyber Pakhtunkhwa juga menyiapkan skenario di mana tidak ada calon yang memenuhi persyaratan yang diperlukan sehingga tidak bisa dikukuhkan sebagai calon tetap.

“Ini kasus khusus. Misalnya calon presiden tidak semua lolos, ya kita buka kembali. Prosedurnya akan diatur ulang. Misalnya Exco yang 12 orang akan ditetapkan. Itu masih 12 orang.” belum apply, jadi kita buka lagi (tahapan merah), tapi bagi yang sudah masuk silahkan lanjut.”

Amir Burhanuddin juga menyebut nantinya dalam Exco PSSI 2023-2027, sesuai statuta, minimal harus ada satu anggota perempuan.

Mohammad Irivan Pastikan Tak Lagi Mencalonkan Diri sebagai Ketua Umum PSSI
Mantan Sekjen PSSI Ratu Tisha Resmi Ikut Beasiswa Kandidat PSSI Waketum 2023-2027
PSSI mencalonkan total 11 anggota KP dan KBP dalam kongres reguler 2023.

Pengkhotbah: Michael Sihan
Editor: Ervan Sohairondi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *