jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 25, 2024

JAKARTA (JurnalPagi) – Kongres Wanita Indonesia (KOWANI) menilai pelestarian kebaya yang merupakan salah satu aset budaya negara dapat mendongkrak perekonomian Indonesia.

Melalui peringatan Hari Kebaya Nasional (HKN) tahun 2024, perempuan Indonesia dan generasi penerus bangsa dapat bersinergi melestarikan kebaya sebagai salah satu aset negara, kata CEO KOWANI Giwo Rubiantu Wiyogo dalam keterangan resmi di Jakarta. , Selasa.

Giwo mengatakan dengan mengenakan kebaya, seorang perempuan tidak hanya mengekspresikan dirinya melalui pakaian, tetapi juga memiliki pemahaman luas tentang jati diri bangsa.

Hal ini terkait dengan perekonomian karena kebaya dinilai dapat memaknai keunikan Indonesia sebagai salah satu kostum nasional di kancah dunia. Selain itu, penggunaan kebaya dapat mencerminkan nilai sejarah perjuangan perempuan Indonesia.

Parade Kebaya KOBANI Tunjukkan Keberagaman Nusantara

Kwani Persiapkan Perayaan Hari Kebaya Nasional Bersama Timnas Kebaya

Nilai filosofis kebaya tidak hanya sekedar sebagai busana, namun sebagai warisan budaya takbenda yang melambangkan kesederhanaan, keanggunan, kelembutan dan keteguhan hati perempuan Indonesia, kata Giwo.

Oleh karena itu, kata dia, ia menyarankan agar pemerintah dapat menjadikan Hari Kebaya Nasional (HKN) 2024 sebagai langkah strategis untuk kembali mempopulerkan penggunaan kebaya, dimulai dengan mengenakan kebaya setiap hari Selasa di sekolah atau kantor pemerintahan.

“KOWANI berkomitmen untuk melindungi anak bangsa dalam hal pendidikan, pengetahuan mereka tentang budaya negara, termasuk pengenalan kebaya secara umum, merupakan langkah penting dan mendesak,” ujarnya yang juga merupakan pengurus HKN. 2024.

Lanjutnya, Dengan diselenggarakannya HKN 2024 maka nilai sejarah perjuangan perempuan Indonesia dan nilai filosofis kebaya tidak hanya sebagai busana namun juga sebagai warisan budaya takbenda yang melambangkan kesederhanaan, keanggunan, kelembutan dan kekuatan perempuan Indonesia. tercermin.

Sebelumnya diberitakan KOWANI akan menggelar Hari Kebaya Nasional 2024 di Istora Senayan, Jakarta pada 24 Juli 2024 sebagai bentuk implementasi Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 19 Tahun 2023 tentang Hari Kebaya Nasional.

Beberapa kegiatan yang akan dilakukan adalah lomba kebaya, webinar, diskusi dengan beberapa narasumber terkait, parade kebaya bahkan presentasi bazar UMKM.

Anggota Wantimpres Ajak Perempuan Indonesia Mempopulerkan Kebaya

Timnas Kebaya Indonesia: Kebaya Jadi Identitas Bangsa yang Harus Dilestarikan

150 Masyarakat Dukung Usulan Hari Kebaya Nasional

Koresponden: Harilvita Dharma Shanti
Diedit oleh: Zita Mirina
Hak Cipta © JurnalPagi 2024