jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 16, 2024

Jakarta (JurnalPagi) – Instagram memprediksi konten lokal akan tetap relevan di kalangan pengguna platform media sosial Generasi Z pada 2023.

“Di Instagram, mereka memiliki kekuatan untuk menciptakan tren dan percakapan langsung tentang budaya populer,” ujar Rivi Silviana, direktur Meta Indonesia dan kreator Asia Tenggara, dalam siaran pers yang diterima, Rabu.

Perpusnas Gelar Lomba Baca Literasi Berbasis Muatan Lokal

Dalam laporan “Indonesia’s Gen Z Loves on Instagram” yang berdasarkan data internal dari Instagram dan Populix, platform milik meta memprediksi akan ada tiga tren di tahun 2023, yaitu memasak dan pariwisata, lagu dan tarian rakyat. dan jaring 3.

Instagram menemukan bahwa Gen Z mengonsumsi dan membagikan lebih banyak konten lokal dalam bentuk lagu dan tarian daripada konten asing untuk Reels. Populix menemukan bahwa 1 dari 2 Gen Z menyukai lagu “Dunia Tipi-Tipu” milik Yura Unita, dan sepertiga menyukai lagu “Ojo Dibandingke” yang dinyanyikan oleh Farel Prayoga.

Gen Z di Instagram juga menyukai lagu “Senyum Penuh Sayang”-nya Evan Loss, “Hati-hati di Jalan”-nya Tulus dan “Aku Cinta Mama Mantu”-nya Bulan Sutena.

Instagram juga melihat konten terkait memasak dan pariwisata masih unggul di tahun 2023. Tagar paling populer di tahun 2022 terkait dengan makanan dan pariwisata, seperti #Bali, #PesonaIndonesia, dan #Kuliner.

Sekitar 40 persen Gen Z yang disurvei Populix mengatakan mereka aktif menggunakan ketiga tagar tersebut.

Gen Z di Indonesia juga tertarik dengan teknologi Web 3 seperti NFT, avatar, augmented reality (AR), dan virtual reality (VR). Populix menemukan bahwa 65 persen Gen Z ingin melihat lebih banyak fitur VR di Instagram.

Gen Z juga tertarik menggunakan fitur augmented reality besutan pabrikan Indonesia, yaitu “ID Flag” dan “Visible”.

Selama tahun 2022, Instagram mencatat bahwa Gen Z akan menyukai konten video di Reels dan Instagram Stories. Kedua fitur ini menjadi tempat favorit mereka untuk menonton konten hiburan.

Untuk berinteraksi, Gen Z menggunakan fitur komentar DM dan pesan pribadi. Mereka juga suka menggunakan fitur Sticker Add Yours di loop dan story.

Topik yang diminati Gen Z Indonesia di Instagram tidak hanya sekedar hiburan, mereka juga tertarik dengan aksi sosial seperti lingkungan yang berkelanjutan, menjadi diri sendiri yang autentik, pemberdayaan perempuan, komunitas dan kesehatan mental.

Instagram juga menemukan bahwa pengguna yang lebih muda menyukai avatar seperti Thumb Up, Blowing Kiss, dan Winky.

Dirut PLN Ungkap Rp 200 Triliun Habiskan Industri Lokal.

Tips mengembangkan konten kreatif berbasis potensi lokal

Noice menawarkan kelas podcast bagi kreator lokal untuk mempelajari konten audio