Kominfo menggandeng komunitas blockchain di Indonesia untuk mengembangkan ekosistem tersebut

JAKARTA (JurnalPagi) – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) berkolaborasi dengan Asosiasi Blockchain Indonesia (ABI) untuk mendukung penyediaan, penggunaan, dan pengembangan data, informasi, dan sumber daya di ekosistem. Blockchain Di Indonesia.

Selain itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika juga mendukung pengembangan standar dan kebijakan untuk memfasilitasi kebutuhan industri dan meningkatkan literasi masyarakat di bidang teknologi. Blockchaindan berbagai program bersama lainnya.

Keberadaan asosiasi tersebut berperan penting sebagai wadah bagi para pelaku industri untuk bersama-sama menjawab kebutuhan sektor tersebut dengan tujuan mempercepat pertumbuhan ekosistem. Blockchain di Indonesia, kata General Manager Program Informatika, Samuel A. Pangerapan dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis.

Sinergi Kominfo dan ABI, termasuk perguruan tinggi swasta yang menjadi anggota kehormatan ABI, salah satunya diwujudkan melalui penyusunan kajian peta ekosistem industri teknologi blockchain di Indonesia.

Peneliti Antarmuka Pengguna: Teknologi ‘Blockchain’ Dapat Mengembangkan ‘Wisata Cerdas’
ID FOOD dan D3 Labs Kembangkan Industri Perikanan Berbasis Blockchain

Studi peta ini berfokus terutama pada implementasi protokol BlockchainPengembangan berbasis produk/proyek Blockchainpengembangan dan penyaringan bakat, tokenisasi aset, NFT dan MetaverseDan juga Web3 Gaming.

“Asosiasi ini dapat menjadi koordinator dan penghubung antara pemerintah dan pelaku industri dalam mengupdate kondisi industri saat ini sehingga pemerintah dapat menyesuaikan kebijakannya,” kata Samuel.

Penerapan Blockchain Di Indonesia sendiri terus berkembang dengan bertambahnya pelaku industri sebesar 50%.

Sedangkan perluasan sektor usaha yang terdaftar di Indonesia Web3 Landscape 2023, pertumbuhan anggota komunitas serta terdaftarnya 1.629 perusahaan di KBLI 62014 terkait kegiatan pengembangan teknologi blockchain, dimana pemanfaatan teknologi Blockchain Hal ini sangat mempengaruhi manajemen rantai pasokan dan sistem logistik.

Memetakan Data dan Informasi di Atas Studi ini menunjukkan peran penting pemetaan ekosistem untuk memandu pertumbuhan dan kebutuhan industri, termasuk infrastruktur, kebijakan, dan sumber daya manusia (SDM).

“Hal ini tidak hanya berdampak positif terhadap pertumbuhan nilai ekonomi digital Indonesia, namun juga berdampak pada ekosistem Blockchain Merujuk pada penggunaan tenaga kerja dalam ekosistem, Samuel mengatakan, hal ini juga menciptakan lapangan kerja bagi talenta-talenta di Indonesia. Blockchain yang merupakan indikator penting.

Profesor Dr. Meyliana, MM, perwakilan BINUS University mengatakan seiring dengan pemanfaatan sumber daya manusia diharapkan adanya transparansi kebijakan, biaya izin yang terjangkau, dan integrasi teknologi. Blockchain ke dalam pemerintahan elektronik.

Miliana meyakini hasil kajian peta ekosistem ini dapat mendukung proses regulasi lincah Ini mencakup pelaku industri dan akademisi.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden ABI Rabi mengatakan kerja sama dengan Kominfo ini merupakan langkah bersama antara asosiasi dan pemerintah untuk mempercepat pertumbuhan ekosistem. Blockchain.

Lihatlah teknologi itu Blockchain Masih tergolong baru di Indonesia, forum ini memberikan ruang kolaborasi yang luas bagi masyarakat untuk belajar tentang teknologi Blockchaindan juga meninjau implementasinya di Kegunaan dan model bisnis

“Diharapkan melalui inisiatif ini dapat menarik perhatian Investasi global “Mereka yang ingin berpartisipasi dalam proyek-proyek inovatif untuk anak-anak negara,” kata Danny, Wakil Presiden Blockchain ABI.

Danny mengatakan upaya ini merupakan wujud komitmen ABI untuk menjadikan Indonesia sebagai penggerak utama pengembangan dan inovasi teknologi. Blockchain tingkat regional dan global.

Pameran Rekam Masa Kenalkan Teknologi Blockchain untuk Seniman

Telkom-LPH Hidayatullah Gandeng Teknologi Blockchain

Koresponden: Maria Rosari dei Putri
Diedit oleh: Zita Mirina
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *