jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 16, 2024

Memperkenalkan cita rasa Indonesia di Spanyol

Jakarta (JurnalPagi) – Arief Rosyid Hasan, wajah muda nusantara yang juga komisaris independen Bank Syariah Indonesia (BSI), menjadi salah satu investor dalam pengelolaan sebuah restoran Indonesia di Madrid, Spanyol.

“Bepergian untuk menghadiri dan berbicara tentang itu Acara sampingan KTT Web Di penghujung Oktober 2022, selain berkesempatan membicarakan potensi globalisasi ekonomi syariah Indonesia, kita juga berkesempatan menjajaki peluang bisnis, kata Arif di Jakarta, Senin.

Bukan sembarang bisnis, namun niat menjadi salah satu investor tersebut adalah untuk menjaga nasionalisme lewat makanan khas Indonesia di ibu kota Spanyol, Madrid.

Dua Pemuda Indonesia Buka Restoran “Saji” di Kopenhagen

KBRI “Indonesia Spice up the World!” Di restoran Beijing

Pada Sabtu, 10 Desember 2022, Arif mengumumkan telah resmi mengumpulkan modal untuk Rumah Makan Sabor Nusantara.

Terletak di sudut Calle de Viriato 39, Sabor Nusantara menyajikan berbagai masakan Indonesia, mulai dari rendang, sate kambing, nasi goreng, kari ayam hingga es campur segar.

“Dalam bahasa Spanyol, Sabor berarti rasa. Tahun 2019, Sabor Nusantara juga menjadi mitra Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (dulu Kementerian Pariwisata) dalam upaya memperkenalkan cita rasa Indonesia ke Spanyol,” ujarnya.

Sejak pandemi covid-19, Sabor Nusantara diambil alih oleh Farangki yang juga merupakan penduduk asli Indonesia. Januari.

 

Seorang tokoh pemuda di Indonesia yang juga Komisaris Independen Bank Syariah Indonesia (BSI), Arif Rozid Hassan di Madrid, Spanyol. antara foto/HO-dokumen pribadi (1)

Aref mengaku keputusan tersebut terinspirasi dari pengalaman pribadinya di luar negeri.

“Spanyol adalah salah satu negara terjauh yang pernah saya kunjungi. Rasanya berbeda jika kita masih bisa merasakan nusantara jauh dari rumah. Makan makanan Indonesia membuat kita semakin bersemangat untuk kembali ke tujuan semula. Perjalanan adalah untuk sukses , kata Arif, globalisasi sangat berpengaruh.

Aref menambahkan, dirinya makan siang bersama Duta Besar Mohammad Najib selama kunjungannya ke Web Summit.

Dia adalah salah satu diplomat yang mengaku mendapat restunya diplomasi pangan. Saya juga melihat potensi bahwa identitas Indonesia kita dapat kembali menjadi kebanggaan kita di seluruh benua.”

Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (Duta Besar LBBP) untuk Kerajaan Spanyol di Madrid, Mohammad Najib mendukung penuh tindakan Arief Rosyid dalam “pengurangan” investasi ini.

Ada banyak cara untuk mempromosikan budaya Indonesia, termasuk melalui masakan Indonesia. Bagi saya sebagai duta besar, memiliki restoran Indonesia sangatlah penting. Ini karena ada yang namanya diplomasi pangan. Bagaimana mengenalkan nusantara melalui makanan. Sabor Nusantara memiliki kualitas yang diterima di level duta besar dan diplomat, seperti diplomat senior Spanyol, Jose R. Baranaro.”

Hingga saat ini, pelanggan utama Sabor Nusantara, restoran yang berdiri sejak 2018 lalu, adalah warga lokal dan turis mancanegara yang berkunjung ke Madrid.

bersama dengan tiga teman lainnya dari Indonesia yang berinvestasi di Sabor Nusantara.

Arif berharap dapat ikut serta dalam upaya memperkenalkan kekayaan Indonesia kepada dunia, dalam hal ini melalui kulinernya.

Siyafaruddin Jalin Hubungan Baik dengan Tokoh Dunia Islam Usai Raih Gelar Doktor HC

Arief Rosyid: Milenial bisa dorong UKM tumbuh dari masjid

Anggota DPR RI terima pandangannya soal RUU Ekonomi Syariah

Koresponden: Agus Setivan
Editor: Alviansia Pesaribo