Ketua PBNU itu meminta aktivis Ansor “diremajakan” melalui kongres.

JAKARTA (JurnalPagi) – Ketua Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU), KH Yahya Choleil Sataqov meminta Kongres Gerakan Pemuda (GP) Ansur ke-16 bisa “meremajakan” aktivis Ansur yang kini sudah menua.

“Akhir-akhir ini aktivis semakin tua,” kata Yahya Cholil Setakov saat membuka Kongres GP Ansor ke-16 di Tanjung Priok, Jakarta Utara. Dulu, sebagian besar aktivis berusia 20-an, namun kini jumlahnya dua kali lipat. Jumat

Sejak dibentuk pada tahun 1934 oleh Pengurus Besar NU, pria bernama Gus Yahya mengatakan Ansor merupakan organisasi kepemudaan yang bergerak dalam bidang kepanduan bernama Pandu Ansor.

Jokowi Sebut Kongres Ansor Naik Kapal Layar Unik

Organisasi ini awalnya didominasi oleh kelompok umur 15 tahun dan tidak ada batasan usia pensiun bagi anggotanya.

“Meski semua orang sejak awal sudah mendeklarasikan tidak akan ada pensiun di Ansur, namun anggotanya tetap Ansur meski sudah punya anak dan cucu,” ujarnya.

Gus Yahya mengatakan Ansor saat ini memiliki anggota aktif di Badan Otonom Ansor, Banser, yang berusia di atas 60 tahun.

Dalam kesempatan itu, Gus Yahya meminta agar anggota Ansour yang usianya sudah tidak muda lagi diperhatikan melalui kongres ini.

“Hanya saja, saya ingin diremajakan. Karena Ensor pada dasarnya adalah gerakan pramuka, saya senang dan sangat tepat jika terpilih menjadi roadmap NU ke depan pada Kongres ke-16 kali ini,” ujarnya.

Jadwal Lengkap: KM Kelud mengalami perubahan karena menjadi tempat konvensi

Ketum Ansor Sebut Prabowo Subianto Serta Kekuatan Nomor Urut 2 dan AL Biru.

Gus Yahya menambahkan, gerakan kepanduan bertujuan untuk berperan sebagai peretas jalur, sehingga apapun yang dilakukan NU, Ansor harus menjadi yang terdepan.

“Sekarang NU telah mencanangkan Gerakan Keluarga Manfaat NU, Ansor dan Banser sudah membuka jalan bagi pelayanan akar rumput langsung dengan warga,” ujarnya.

Koresponden: Andy Firdos
Redaktur: Endang Sukarelawati
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *