Ketersediaan tiket kereta api menjadi alasan penumpang berangkat di hari pertama Idul Fitri

JAKARTA (JurnalPagi) – Sejumlah penumpang di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat mengaku memutuskan mudik pada Selasa Lebaran 2024 karena masih tersedianya tiket kereta api (KA) hanya untuk tanggal keberangkatan tersebut.

Seorang penumpang bernama Echo mengaku tidak bisa mendapatkan tiket keberangkatan awal karena sudah terjual habis meski sudah mengecek ketersediaan beberapa hari sebelumnya.

“Kalau beli tiket harus begadang, kadang dua atau tiga hari tidak dapat, begini, ramai sekali,” kata Echo saat ditemui di Stasiun Gambier, Selasa.

KAI Daop 1 berangkat pulang pada H-1 Idul Fitri 2024 dengan 44.747 penumpang

KAI Daops kembali menutup penyeberangan ilegal jalur Jatinegara-Bekasi 1 kali lagi

Seorang pemudik yang hendak berangkat ke Tulonggong, Jawa Timur, mengaku sengaja menggunakan moda transportasi kereta api untuk mudik ke kampung halaman karena harga tiketnya lebih terjangkau dan ia bisa melihat tempat-tempat baru yang ia kunjungi selama perjalanan. melewatinya, untuk mengetahui.

“Kalau tiket pesawat saja mahal, jadi naik kereta api. Selain relatif terjangkau, kami ingin tahu tempatnya dan sekedar jalan-jalan,” kata Echo.

Penumpang lainnya, Mirna, juga mengalami kejadian serupa, mengaku baru berangkat pulang pada hari pertama lebaran karena terbatasnya jumlah tiket, padahal ia sudah mengambil cuti beberapa hari sebelumnya.

“Aku sudah berlibur sejak kemarin, tapi itu karena kemarin Tiket perang “(Perebutan reservasi tiket dengan calon penumpang lain) tidak bisa menghasilkan H-1,” kata Myrna.

Dia mengatakan, dia sudah mempersiapkan semua yang dia perlukan untuk perjalanan pulang sejak lama karena dia pikir dia bisa berangkat lebih awal.

Berbeda dengan Eko dan Mirna, seorang penumpang bernama Salma sengaja memesan tiket untuk berangkat pada hari pertama Idul Fitri karena ia hanya bisa berangkat pada hari tersebut.

Seorang penumpang pulang pergi ke Yogyakarta mengatakan, “H-1 tiketnya masih banyak dan kebetulan saya masih dapat. Tiket ini saya dapat pada H-4 karena kebetulan ada kereta tambahan.”

Diketahui, KAI Operasi Daerah (Daop) 1 Jakarta memberangkatkan 44.747 penumpang mudik dalam 75 perjalanan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen pada H-1 Libur Lebanon 2024, Selasa.

Sebanyak 19.324 penumpang berangkat dari Stasiun Gambir dilayani 41 perjalanan KAJJ dan 24.681 penumpang berangkat dari Stasiun Pasar Sanen dengan 34 perjalanan KAJJ. Sedangkan lainnya diberangkatkan dari beberapa stasiun di kawasan Daop 1 Jakarta.

“Angka ini masih berubah sesuai penjualan on line TIDAK pergi tunjukkan Manager Humas Dauph 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko mengatakan, hingga jadwal pemberangkatan masih berjalan.

KAI Daop 1 Perkirakan Puncak Arus Mudik Hari Ini 47.000 Penumpang

Hati-Hati Meninggalkan Anak Saat Pulang ke Rumah

17.994 Orang Meninggalkan Jakarta Melalui Stasiun Gambir di Hari Kelima Idul Fitri.

Koresponden: Farhan Arda Nograha
Diedit oleh: Zita Mirina
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *