Kenali skin barier dan cara merawatnya





Kredit gambar: iStock

Jakarta

Kulit merupakan organ terbesar yang melindungi tubuh dari ancaman luar seperti bakteri, virus, sinar matahari, dan polusi. Skin Barrier merupakan lapisan pelindung kulit yang terletak pada permukaan epidermis.

Dokter kulit Monib Shah menjelaskan tentang pelindung kulit yang berhubungan dengan produksi ceramide. Oleh karena itu, salah satu komponen pelindung kulit adalah ceramide yang membantu menjaga kelembapan kulit. Dengan adanya ceramide pada lapisan epidermis kulit, dapat meningkatkan kekuatan dermis (lapisan atas) kulit.

“Ceramide terdapat pada sel-sel kulit. Ibarat batu bata, ceramide membangun sebuah lapisan,” ujar Dr. Munib, dokter kulit asal Amerika Serikat yang konten edukasi perawatan kulit dan kecantikannya sering diposting di TikTok saat peluncuran CeraVe di Senayan. ke lapisan lain.” Kota, Jakarta, Jumat (26/1/2024).

Periklanan

Gulir untuk melanjutkan konten

dokter. Monib Shah pada peluncuran CeraVe Foto: Foto: Kiki Oktaviani/sec

Seiring bertambahnya usia, produksi ceramide menurun. Hal ini menyebabkan sawar kulit terganggu. Sejumlah faktor eksternal seperti sinar UV, polusi, serta penggunaan pembersih wajah dan produk perawatan kulit yang terlalu keras juga dapat menyebabkan rusaknya pelindung kulit.

Ketika skin sawar terganggu atau bahkan rusak, kulit menjadi kering. Masalah yang lebih parah bahkan bisa menyebabkan eksim hingga psoriasis. dokter. Muneeb memberikan tips menjaga dan merawat skin barier agar tidak rusak.

1. Hindari mandi atau mencuci muka dengan air panas

dokter. Monib mengaku sangat terkejut dengan adanya air panas di hotelnya di Jakarta yang panas sekali.

“Saya tidak tahu apakah semua orang Indonesia punya pemanas air untuk mandi. Tapi pemanas air di sini panas sekali. Pilih air hangat, jangan terlalu panas karena bisa merusak pelindung kulit,” saran dokter. Munib

2. Gunakan pelembab segera setelah mandi

Setelah mandi atau mencuci muka, sebaiknya segera gunakan pelembab. Jangan menundanya karena bisa saja kulit Anda menjadi kering setelah mandi.

“Gunakan pelembap lima menit setelah mandi. Pelembap bekerja paling baik saat kulit masih lembap,” kata dokter. Munib

3. Gunakan produk perawatan kulit yang mengandung ceramide

Seperti yang dijelaskan, ceramide merupakan faktor penting dalam pelindung kulit yang sehat. dokter. Muneeb menganjurkan penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung ceramide, seperti CeraVe Moisturizer.

“Kandungan 1,3,6 ceramide pada produk CeraVe sama dengan kandungan pada kulit. Kandungan ini penting untuk kulit,” jelasnya.

4. Perawatan kulit yang tidak mengandung pewangi

Kandungan pewangi pada produk perawatan kulit dapat menyebabkan iritasi. Beberapa bahan parfum juga dapat menyebabkan reaksi alergi. Maka pilihlah produk perawatan kulit yang bebas pewangi atau tambahan pewangi untuk menghindari potensi risiko tersebut.

Tonton video KuTips: 3 saran dokter kulit untuk mengatasi jerawat remaja:

[Gambas:Video 20detik]

(kik/kik)







Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *