Kementerian Perindustrian menyebut Indonesia mempunyai potensi besar dalam industri pelumas

Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia dapat mempertahankan daya tarik investasinya dengan ukuran pasarnya

JAKARTA (JurnalPagi) – Kementerian Perindustrian (Komen Perin) mengumumkan Indonesia memiliki potensi besar di industri pengolahan dan industri pelumas karena pasarnya yang besar.

Amy Suriandari, Direktur Industri Hilir Industri Kimia dan Farmasi Kementerian Perindustrian, pada acara peletakan batu pertama pembangunan pabrik pelumas Shell Indonesia di Jakarta, Senin, mengatakan: “Indonesia memiliki pasar dalam negeri yang besar mengingat merupakan negara terbesar keempat di dunia.” Populasi terbesar di dunia, dengan jumlah kendaraan yang terus bertambah.

Lanjutnya, kondisi tersebut meningkatkan permintaan produk pelumas dan produk olahan lainnya di dalam negeri.

Amy menjelaskan, investasi sektor industri pengolahan di Indonesia mencapai Rp 162,3 triliun pada kuartal IV tahun 2023. Angka tersebut menunjukkan peningkatan 22,5% dibandingkan periode yang sama tahun 2022.

Sektor industri pengolahan juga berkontribusi sebesar 44,4% terhadap total investasi Indonesia pada triwulan II tahun 2023 yang mencapai Rp365,8 triliun.

“Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia dengan pasar yang besar, sumber daya alam yang melimpah, pertumbuhan ekonomi dan kerja sama dengan pemangku kepentingan terkait untuk melaksanakan peraturan pemerintah dapat mempertahankan daya tarik investasinya,” kata Amy.

Amy mengatakan, saat ini terdapat 52 perusahaan pelumas dengan kapasitas instalasi sekitar 2 juta kiloliter per tahun dan produksi sekitar 1,2 juta kiloliter per tahun yang terdaftar di Sistem Informasi Industri Nasional. Industri ini juga akan menyerap tenaga kerja sebanyak 4.898 orang pada tahun 2023.

Meski demikian, Amy mengatakan saat ini industri perminyakan masih terkonsentrasi di Pulau Jawa, oleh karena itu ia berharap kedepannya akan lebih banyak lagi investasi yang dilakukan pada industri perminyakan di luar Pulau Jawa.

Hal ini diharapkan dapat mendorong pemerataan pertumbuhan ekonomi di seluruh Indonesia.

“Karena kita punya banyak kendaraan, populasi kita sangat besar… kita punya banyak kendaraan penumpang, jadi peluangnya besar,” ujarnya.

Pada akhir disampaikannya: “Dengan adanya investasi di luar Pulau Jawa, diharapkan rantai distribusi cepat sampai ke konsumen sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi secara merata di seluruh Indonesia.”

Shell Indonesia Tawarkan Pelumas untuk Industri Tenaga Listrik
PTPL dan SIG menyepakati MoU pengembangan pelumas industri.

Koresponden : Shofi Ayodyana
Editor: Ahmed Wijaya
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *